Selasa, 06 Maret 2012

PENGERABASAN JARINGAN LISTRIK PT. PLN (Persero)

MELIRIK MANFAAT DAN KENDALANYA


Moyo Hilir (06/03) Staf dan pegawai PT. PLN (Persero) Moyo Hilir serempak melakukan pengerabasan pohon-pohon yang menghalangi jaringan induk listrik di wilayah Moyo Hilir sampai ke wilayah Kecamatan Sumbawa dan Kecamatan Moyo Utara.

Pohon-pohon yang menghalangi jaringan induk listrik dibersihkan untuk menghindari terjadinya gangguan yang bisa berakibat fatal bagi jaringan listrik secara khusus dan masyarakat secara umum. Kegiatan tersebut  dilakukan bertahap sesuai dengan kondisi-kondisi di lapangan seperti kondisi pohon yang sudah tinggi dan yang mengenai kabel-kabel induk jaringan listrik.

Menurut salah seorang staf PT. PLN Kantor jaga Moyo Hilir (Ardiansyah) yang kami temui di sela-sela kegiatan perambasan, mengatakan “Kegiatan ini dilakukan secara bertahap yang dananya  diatas lima jutaan pertahun. Kegiatan ini juga dilakukan oleh anggota PT. PLN di masing-masing ranting yang ada di kabupaten Sumbawa”. Tambahnya lagi “bahwa kegiatan perambasan sering mengalami kendala dengan hak kepemilikan warga. Pemilik lahan sering melakukan protes akibat tanaman atau pohon yang mereka pelihara harus direbas (dipotong bagian atasnya) karena tersangkut dengan kabel-kabel listrik yang betegangan tinggi. Namun dilain sisi, jika pohon tersebut tidak direbas akan menimbulkan hal yang buruk bagi keselamatan warga dan jaringan listrik akibat korselting bila pohon dan kabel listrik bersentuhan”.

Kegiatan ini sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat yang memerlukan listrik karena listrik sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat sekarang. Dan kegiatan ni perlu diperhatikan dan perlu ditegaskan lagi manfaatnya. Salah satunya pemberitahuan terlebih dahulu secara riel kepada masyarakat khususnya kepada pemilik lahan tempat terpentangnya kabel-kabel jaringan induk listrik sebelum kegiatan tersebut berlangsung, agar terciptanya kerja sama yang baik dari PT. PLN dan masyarakat luas. (ryan-gempar)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar