Selasa, 07 Februari 2012

WARGA AI BARI BUTUH DERMAGA PENYEBERANGAN


DUSUN AI BARI GERBANG TERDEKAT KE PULAU MOYO


Kabupaten Sumbawa memiliki potensi besar di bidang pariwisata, contohnya taman wisata alam Pulau Moyo. Dimana pulau ini merupakan tempat yang pernah dikunjungi oleh ratu Inggris, mendiang Lady Diana dan juga konon katanya dijadikan salah satu tempat untuk berbulan madu oleh anaknya, yaitu Pangeran William dan istrinya (Kate) beberapa waktu lalu. Hal ini menunjukkan bahwa Pulau Moyo memiliki keindahan alam yang sangat bagus dan masih alami sehingga dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara, dan tidak mengherankan bahwa Ratu Inggris pun pernah datang untuk menikmati keindahan pulau ini.
          Pulau yang berlokasi di sebelah utara Pulau Sumbawa ini memiliki luas wilayah 6000 HA. Pulau ini berhadapan langsung dengan Dusun Ai bari Desa Kukin Kecamatan Moyo Utara dan merupakan akses paling cepat untuk menyeberang dengan menggunakan perahu yang hanya membutuhkan waktu ±20 menit, itupun dengan menggunakan mesin berkapasitas kecil yang memiliki kecepatan 40 km/jam.


Bagong, sapaan akrab bapak Saparuddin (salah seorang warga Ai bari) yang berprofesi sebagai nelayan, ketika ditemui hari Selasa (7/2) kemarin, beliau menuturkan bahwa selama ini banyak turis-turis mancanegara yang memilih Ai bari sebagai jalur penyeberangan menuju Pulau Moyo. Karena disamping dapat ditempuh dengan alokasi waktu ±20 menit, biaya penyeberangan atau sewa antar jemput pun hanya berkisar antara Rp 150.000 sampai dengan Rp 300.000, tergantung negosiasi. Dibandingkan melalui jalur penyeberangan Labuhan Sumbawa atau Labuhan Badas yang memakan waktu ±50 menit, itupun dengan menggunakan speed boat yang berkecepatan tinggi. Hal itu tentu saja membuat jasa penyeberangan naik dua kali lipat atau lebih, dibandingkan melalui akses penyeberangan Ai bari.

Sampai saat ini, program pemerintah untuk membangun dermaga penyeberangan belum ada realisasi nyata. Untuk itu masyarakat berharap agar program pembangunan dermaga penyeberangan segera direalisasikan. Selain akan meningkatkan pendapatan masyarakat daerah pesisir keberadaan dermaga penyebarangan ini nantinya akan memudahkan akses distribusi maupun jalur penjualan ternak sapi. Karena wilayah dusun Air Bari dan dusun Limung merupakan sentral peternakan sapi (program bumi sejuta sapi) di pulau Sumbawa.(Muammar-Gempar)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar