Minggu, 19 Februari 2012

BENDUNGAN SEBEWE TAK KUNJUNG DIPERBAIKI


AKIBAT LONGSORNYA BENDUNGAN, KALI SEMAKIN MELEBAR



Sebewe, Moyo Utara(19/2), Bendungan Sebewe yang diterjang banjir pada januari tahun 2010 lalu kondisinya kini semakin meresahkan warga. Pasalnya, bagian sisi bendungan yang hancur oleh terjangan air bah membuat tanah/lahan perkebunan milik warga tergerus sehingga membuat kali semakin melebar. Beberapa tanah persawahan milik warga juga terkena dampak dari longsor paska banjir januari (2012) lalu. Melihat kondisi kali yang tidak memiliki pondasi pinggir yang kuat dan bendungan yang belum diperbaiki. Dikhawatirkan akan terjadi erosi lebih besar yang mengakibatkan kerugian warga. 

Pemilik sawah yang merasa dirugikan berharap penuh kepada pemerintah untuk segera menanggulangi hal tersebut. Dikarenakan para petani takut jika air sungai kembali membesar dan semakin menghabiskan areal persawahan mereka. Perbaikan diutamakan lagi agar bendungan yang belum diperbaiki agar segera ditindaklanjuti. Karena puing-puing bendungan yang menghalangi aliran sungai, dikhawatirkan akan mengalihkan jalur sungai ke area sawah penduduk. 

Saat ini, tindakan cepat yang mestinya dilakukan adalah membuat beronjong/penahan air untuk mengurangi erosi. Sehingga sisa-sisa lahan warga bisa terselamatkan dari gerusan air sungai yang terus mengalir apalagi curah hujan di wilayah ini cukup tinggi sehingga air sungai terkadang meluap bila terjadi hujan. Gempar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar