Kamis, 16 Februari 2012

KONDISI PASAR YANG MEMPERIHATINKAN


TIDAK ADA KEGIATAN JUAL BELI, PASAR SALAH DI FUNGSIKAN


Berare, Moyo Hilir (16/2). Kompleks pasar yang dibangun sekitar empat tahun yang lalu masih berdiri dengan kokoh. Bahkan beberapa bangunannya sudah direhab ulang untuk kedua kalinya tetapi belum difungsikan sama sekali. Seharusnya letak pasar yang strategis mampu menjadikan pusat ekonomi bagi masyarakat yang berada di wilayah sekitarnya. Namun keberadaan pasar ini jauh dari harapan masyarakat sekitarnya.






Masyarakat yang mempunyai hewan ternak di sekitar lokasi pasar mengikat ternaknya di atas bangunan pasar. Padahal bangunan tersebut diperuntukkan sebagai tempat menjual ikan, buah-buahan, sayur-sayuran, dan sebagainya yang merupakan barang dagangan pasar. Tapi kini malah dipenuhi oleh kotoran hewan ternak warga. Menurut penuturan warga sekitar lokasi pasar bahwa sejak pertama kali dibangun pasar ini tidak pernah ada kegiatan jual beli di dalamnya. Bahkan bangunan pasar yang berdiri dengan kokoh sering digunakan warga untuk memanen kacang hijau di atas lantai bangunan. Sehingga beberapa lantai bangunan sudah hancur dan berlobang.

Warga yang mengerti akan hal tersebut mengharapkan pemerintah untuk segera memfungsikan pasar tersebut agar keberadaannya benar-benar bisa rasakan manfaatnya oleh masyarakat. Jangan sampai pasar yang dibangun dengan uang rakyat malah disalah fungsi oleh beberapa orang yang tidak tahu fungsi sebenarya. Seperti yang terjadi saat ini dimana beberapa orang yang salah menggunakannya sebagai tempat melepas ternaknya, Juga tempat nongkrong nya anak-anak muda yang tidak di kenal masyarakat untuk melakukan pesta miras (minuman keras).

Selain itu untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan akibat ulah pemuda-pemuda penikmat miras dan rusaknya bangunan pasar akibat ternak penduduk setempat, Masyarakat berharap penuh kepada pemerintah untuk segera mengambil tindakan positif mengenai keberadaan pasar di wilayah desa berare. (Ryan-Gempar)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar