Kamis, 10 Januari 2013

PERESMIAN PASAR TRADISIONAL KECAMATAN MOYO HILIR


Kamis, (10/1) bertempat di Kantor Camat Moyo Hilir diadakan peresmian penggunaan dan pemanfaatan pasar  tradisional Kecamatan Moyo Hilir oleh bupati Sumbawa. Pasar yang letaknya di Desa Berare ini mulai dibangun pada tahun 2008 dengan luas 8.000 M2. Pembangunan yang menghabiskan dana dari APBD Kabupaten Sumbawa sebesar Rp. 850.000.000 ini, telah membangun 1 unit petak los dengan luas 56 mditambah dengan 5 bangunan kios dengan masing-masing seluas 12 m2. Pada tahun anggaran 2011-2012 pemerintah kembali mengucurkan dana sebesar Rp. 210.243.000 untuk pemasangan pagar keliling dan penimbunan tanah urug di areal pasar tersebut sehingga pembangunan pasar tradisional ini telah rampung pada tahun 2012.


Dalam laporannya Kepala dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sumbawa mengungkapkan bahwa pasar Kecamatan Moyo Hilir ini diharapkan dapat  memudahkan warga kecamatan Moyo Hilir untuk membeli keperluan sehari dan sebagai roda perputaran uang yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pasar ini nantinya juga diharapkan sebagai pusat silaturrahim antar warga Kecamatan Hilir dan tidak menutup kemungkinan warga dari kecamatan-kecamatan lain juga datang berkunjung ke pasar ini. Ujarnya.

Senada dengan hal tersebut pada sambutannya Bupati Sumbawa mengungkapkan bahwa pembangunan pasar sangat penting karena kecamatan Moyo Hilir terkenal kaya akan hasil lautnya, peternakan, pertanian serta kerajinan-kerajinan tenun maupun kerajinan masakan khas Sumbawa. Oleh karena itu diharapkan perkembangan pasar ini akan menciptakan usaha-usaha baru di Kecamatan Moyo Hilir dan menjadi pusat perdagangan sehingga kesejahteraan dan ekonomi masyarakat akan meningkat. Tambahnya lagi bahwa Kabupaten Sumbawa menargetkan 10.000 usaha-usaha baru yang muncul pada Tahun 2013 ini. Untuk mencapai target tersebut pada tahun 2013 ini akan dibangun pasar di Kecamatan Plampang, perbaikan pasar-pasar yang sudah ada serta menambah ruang hijau baru. Ruang hijau baru sangad bermanfaat bagi kelangsungan hidup baik selain menjaga ekosistem dan juga akan menciptakan multi player efek yaitu selain tempat bertamasyah dan rekreaasi taman atau ruang hijau baru akan menciptakan usaha-usaha baru atau pedagang-pedagang kecil akan muncul. Tegasnya

Semoga harapan kabupaten Sumbawa untuk menciptakan usaha-usaha baru akan terwujud yang didukung oleh pemerintah dan peran serta masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar