Jumat, 11 Januari 2013

PENERBITAN JAMKESMAS 2013 MENUAI KRITIKAN WARGA

 
Jamkesmas adalah salah satu program pemerintah yang sangat membantu masyarakat miskin untuk mengurangi pengeluaran pembiayaan pengobatannya. Sehingga jaskesmas sangat diidam idamkan oleh seluruh lapisan masyarakat miskin di Republik Indonesia ini.

Pada tahun 2013 ini ada penerbitan jamkesmas baru yang berwarna biru yang otomatis jamkesmas lama tidak berlaku lagi. Jum’at(11/1) ditemui oleh KMD Gempar di Kantor Desa Moyo Mekar bapak   M. Rasyid, A.Md (sekdes) mengungkapkan bahwa banyak warga yang datang mengaduh dan memprotes dengan penerbitan jamkesmas baru ini. Itu disebabkan karena jumlah warga Moyo Mekar yang mendapatkan jamkesmas baru itu diluar harapan kami dan kami selaku pemerintah desa sangat terbebani dan ngiris karena lebih dari separuh warga yang dulunya memegang jamkesmas tetapi sekarang tidak lagi. Ujarnya.

Tambahnya lagi bahwa 450 warga kami yang dulu mendapatkan jamkesmas akan tetapi sekarang hanya 207 orang saja. Untuk membantu warga, kami siap mengeluarkan surat keterangan tidak mampu untuk berobat. Akan tetapi surat tersebut ada kelemahannya yaitu tidak bisa digunakan ke rumah sakit rujukan dan hanya berlaku sampai rumah sakit umum saja. Namun hal tersebut sedikit tidak dapat mengurangi pengeluaran masyarakat tidak mampu untuk berobat. Tegasnya

Semoga tulisan ini dapat memberikan masukan kepada pemerintah khususnya Dinas Kesehatan agar dalam penerbitan jamkesmas dimasa mendatang agar dapat menggunakan data yang pas dan valid sehingga seluruh masyarakat yang kurang mampu dapat memegang dan mendapatkan kartu berobat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar