Sabtu, 12 Januari 2013

IKAN GABUS SUMBAWA (Channa striata)


Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu populasi ikan gabus terbesar di Indonesia. Disetiap waduk, bendungan, kali, maupun rawa-rawa Sumbawa terdapat banyak Ikan gabus (Channa striata). Dalam bahasa sumbawa ikan gabus dikenal dengan nama Delak atau Dole'. Ikan ini cukup populer di masyarakat sumbawa selain mudah dijumpai, ikan ini pun sangat mudah didapatkan dengan cara dipancing. Biasanya, delak juga sering dijumpai di sawah-sawah yang dialiri oleh air irigasi karena ikan yang satu ini juga punya naluri berburu/memakan katak yang ada di dalam sawah.

Begitu familiernya ikan gabus di masyarakat sumbawa, Namun tidak banyak yang mengetahui manfaat yang terkandung dalam lezatnya daging ikan gabus. Bahkan sebagian kecil masyarakat Sumbawa ada yang enggan mengkonsumsi ikan gabus karena ikan yang satu ini dianggap buas dan menjadi ikan predator di air tawar. Padahal di daerah lain seperti Pulau Jawa ikan ini dibudidayakan karena memiliki nilai jual yang cukup tinggi.
Dari beberapa sumber yang kami peroleh di media online, menurut beberapa ahli yang mengupas tentang manfaat dari ikan gabus, salah satunya Prof.dr.Ir. Eddy Suprayitno, MS. guru besar ilmu biokimia ikan Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya (2003) menerangkan beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi ikan gabus.
  • Meningkatkan kadar Albumin dan Daya Tahan Tubuh.
  • Mempercepat proses penyembuhan Pasca Operasi.
  • Mempercepat penyembuhan Luka Dalam/Luka Luar.  

Di sumber lain bahkan ada yang menerangkan bahwa salah satu solusi untuk mengantisipasi terjadinya gizi buruk adalah dengan mengkonsumsi ikan gabus.

Peluang ekonomi yang dihasilkan dari ikan gabus memang belum disadari oleh sebagian besar masyarakat sumbawa. Bisa jadi dikarenakan oleh populasi ikan gabus di sumbawa yang begitu banyak, sehingga ikan gabus di masyarakat sumbawa masih sebatas ikan untuk dikonsumsi saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar