Jumat, 11 Januari 2013

MENGAIS RISKI DARI USAHA BAKULAN


BERTAHAN  HIDUP DENGAN HASIL PENJUALAN URAP

Moyo Hilir, 11 januari 2013. Usaha bakulan banyak kita temukan di berbagai daerah di Indonesia. Dalam hal ini kami menyingkap usaha bakulan yang ada di wilayah kecamatan Moyo Hilir khususnya di wilayah Desa Berare. Ibu Aminah (87 th) seorang wanita tua yang tinggal bersama saudaranya Hadanah (84 th), kesehariannya menjalankan usaha bakulan untuk menyambung hidup.

Ibu Aminah yang dibantu saudaranya membuat urap atau dalam bahasa Sumbawanya “Pelu” merupakan salah satu makanan khas Sumbawa yang menjadi mata pencaharian dalam menyambung hidup. Hasil dari penjualan urap ini tidaklah seberapa, terkadang Ibu Aminah mendapatkan imbalan berupa beras yang ditukarkan dengan urap. Rupiah yang didapatkan tidaklah seberapa dari hasil penjualan ini, tetapi harus Ibu Aminah sisipkan untuk mewujudkan harapannya  ingin memperbaiki rumah yang ditempatinya karena sudah tidak layak huni.  Ibu Aminah yang ditemui oleh KM Gempar, berharap adanya bantuan dari pemerintah untuk kesejahteraan masa tuanya. ‘’saya berharap adanya bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat kurang mampu seperti saya yang kehidupannya sangat pas-pasan untuk hidup dalam usia yang sudah tua ini”. Bantuan pemerintah untuk program perbaikan rumah tidaklah seberapa. Untungnya Ibu Aminah memiliki sedikit tabungan dan bantuan dari tetangga sekitar untuk mencukupi bahan rumah yang setengahnya sudah diperbaiki dengan dana pemerintah yang hanya berjumlah 4 juta rupiah dan belum termasuk ongkos pekerja, hal ini diungkapkan oleh zainuddin (76 th) warga Desa Berare yang merupakan tetangga Ibu Aminah.

Negeri kita belum terbebas dari kemiskinan. Dalam hal ini sekiranya pemerintah bisa melihat langsung kondisi masyarakat yang kurang mampu apalagi seorang wanita tua yang sudah tidak layak untuk bekerja. Bantuan-bantuan yang diberikan Pemerintah merupakan harapan bagi masyrakat yang perekonomianya menengah ke bawah. Untuk itu, bantuan-bantuan tersebut seharusnya bisa dilihat dari segi keperluan masyarakat. Pemerintah harus lebih peka dengan kondisi masyarakat saat ini, terutama dalam hal memberi bantuan kepada masyaraklat yang kurang mampu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar