Minggu, 08 Januari 2012

KULIAH TIDAK HARUS DI KAMPUS


Mahasiswa STKIP Paracendikia NW Sumbawa, Studi Lapangan Lagi.

Minggu, (8/01) lagi-lagi mahasiswa dari STKIP Paracendikia mengadakan proses perkuliahan di lapangan. Perkuliahan yang kini dilakukan oleh mahasiswa program studi pendidikan geografi semester V ini, dilakukan di sebuah wilayah strategis yang sekarang sudah menjadi salah satu tempat rekreasi di kabupaten sumbawa. Tempat tersebut yaitu Pantai Ai Loang atau biasa disebut Tanjung Lamona. Pantai Lamona terdapat di desa  penyaring kecamatan moyo utara sekitar + 15 km dari kota Sumbawa Besar.

Pada perkuliahan ini mahasiswa membahas materi dua mata kuliah yaitu Oseanografi dan konservasi lahan yang difokuskan menjadi satu tema “Studi Daerah Pantai”. Studi lapangan yang meliputi tiga analisis yaitu analisis struktur pantai, pemanfaatan wilayah pesisir dan Kajian partikel materi Wilayah Pantai Tanjung Lamona Kecamatan Moyo Utara.

Abdul Malik, S.Pd selaku dosen pengampuh mengatakan “bahwa perkuliahan ini merupakan studi lapangan yang dilakukan untuk kesekian kalinya oleh mahasiswa Geografi STKIP Parancendika NW Sumbawa dan akan menjadi tugas akhir semester. Adapun hasil dari studi lapangan ini akan dipresenteskan di kampus. Jumlah mahasiswa yang hanya berjumlah 14 orang tidak menghalangi jalannya perkuliahan lapangan.

Maslita, salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi di STKIP Paracendikia NW Samawa, mengatakan bahwa dengan adanya studi lapangan ini sangat membantu proses perkuliahan, terutama dalam pemahaman materi yang diberikan. “Kami sangat terbantu dengan diadakannya studi lapangan ini, selain asyik, kita juga merasakan perkuliahan seutuhnya yang membedakan kita dengan proses belajar di bangku sekolah”, ujar Maslita. (Ale)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar