Minggu, 08 Januari 2012

OBYEK WISATA TANJUNG LAMONA


PESONA PANTAI AI LOANG



Pantai Ai Loang yang disebut juga Tanjung Lamona merupakan salah satu obyek wisata yang ada di kabupaten sumbawa, berada tepat di Dusun Labu Sawo Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara. Tanjung Lamona mulai dibangun sejak awal tahun 2010 oleh PT Ladang Arta Buana dan diresmikan pada tanggal 17 Mei 2011. Pantai tanjung lamona dibangun satu paket dengan perhotelan dan perkebunan jeruk. Hotel yang kini dinamakan dengan Samawa Transit Hotel merupakan hotel yang tergolong elit dengan perkebunan yang dipenuhi oleh tanaman agribisnis, menjadikan pemandangan yang indah.






Meski tergolong baru pantai tanjung lamona merupakan pantai yang memiliki omset cukup tinggi, terbukti penjualan tiket yang melunjak naik saat hari libur. Menurut mas Aji, pengelolah pantai tanjung lamona yang kami jumpai di lokasi bahwa  omset yang didapatkan oleh perusahaan pada perayaan tahun baru lalu, mencapai 31 juta dari hasil penjualan tiket masuk dan penjualan kuliner serta penyewaan wahana bermain.





Eksotika yang membuat pantai lamona semakin diminati oleh banyak pengunjung karena lokasinya yang sangat strategis. Sebelah barat pantai lamona berbatasan dengan laut flores, sebelah timur berbatasan dengan tanjung menangis, sebelah selatan berbatasan dengan pulau moyo, dan sebelah utara berbatasan dengan desa Ai Bari kecamatan moyo utara. 



 Pemandangan laut dari pantai lamona terhampar luas sejauh mata memandang. Wisata taman laut yang terdapat di pantai ini juga sangat indah karena berada di sekitar taman laut pulau moyo yang sering digunakan untuk wisata diving/snorkling. Pemandangan sore hari yang mempesona juga dapat dinikmati oleh setiap pengunjung yang ingin menyaksikan matahari terbenam. Hal lain yang membuat pantai lamona menjadi tempat wisata yang dipilih oleh pengunjung adalah karena keamanan tempat bermain (berenang) yang disiapkan oleh pihak hotel. Tidak seperti tempat wisata pantai pada umumnya, yang membiarkan pengunjung bermain atau berenang langsung di laut lepas. Di tempat ini fasilitas berenang dibuat khusus di bibir pantai (bukan kolam renang) tanpa langsung berada di laut lepas. Sehingga keamanan bagi pengunjung dapat di awasi dengan sangat baik. Penataan tempat berenang pun dibuat seperti bentuk hati sehingga membuat tempat berenang lebih menarik. Kalau anda berminat silahkan berkunjung ke pantai lamona. (Ale)***



2 komentar:

  1. Blogger sumbawa wajib ikut kontes ini Jelajah SUmbawa dan menangkan hadiahnya :)

    Mampir juga ke Catatan si aJie

    BalasHapus
  2. mampir di blog gue gan http://imammuhidins.blogspot.com/

    BalasHapus