Rabu, 25 Januari 2012

KARANG TARUNA SEBAGAI MITRA PARTISIPAN


KARANG TARUNA MUTIARA DESA  MOYO BERPRESTASI 

SEBAGAI MITRA PEMERINTAH 


                                                                 
Moyohilir (KM Gempar) Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial. Karang Taruna memiliki tugas pokok secara bersama-sama dengan Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta masyarakat lainnya menyelenggarakan pembinaan generasi muda dan kesejahteraan sosial.

Rabu (25/1) bertempat di aula kantor Desa Moyo, berlangsung penyerahan hadiah/stimulus bagi karang taruna berprestasi yang ada di kabupaten Sumbawa. Hadiah diserahkan oleh Kasubdin Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Bapak Drs. Heri Dias kepada karang taruna mutiara desa Moyo yang berhasil meraih juara II pada lomba karang taruna berprestasi tahun 2011 yang lalu. Meski penilaiannya dilaksanakan pada tahun 2011, namun pengumuman dan penyerahannya baru diberikan pada tahun 2012 ini. Menurut pak Heri, penentuan pemenang lomba karang taruna berprestasi kali ini berdasarkan hasil dari penilaian yang bersifat kebijakan tanpa harus turun ke lapangan. Namun dalam pemantauan dan keberadaan karang taruna yang masuk nominasi pemenang adalah karang taruna yang eksistensinya bisa dipertanggungjawabkan.

Dalam arahannya kepada karang taruna mutiara, beliau juga berharap agar karang taruna mutiara desa moyo bisa menjadi pioner dan mitra pemerintah dalam pembangunan yang ada di desa terutama dalam hal pembinaan kepemudaan. Karang taruna bisa melakukan pendataan maupun rekomendasi kepada pemerintah terhadap masalah-masalah sosial yang perlu diberikan penangan, terutama masalah sosial yang ada dilingkungan tempat karang taruna itu berada. Karena pendataan yang lengkap dan benar akan sangat membantu pemerintah dalam mengalokasikan bantuan-bantuan sosial kepada yang berhak menerimanya. Jika karang taruna ikut ambil bagian dalam usaha ini bersama pemerintah, sasarannya lebih cermat juga bisa menghindari penyaluran bantuan yang kadang-kadang merupakan titipan dari oknum yang serakah.

Hadir pada acara tersebut camat Moyo Hilir bapak Abu Bakar, SH. Dalam arahannya, pak camat menyampaikan tentang kepeloporan yang dimilki oleh sebagian besar anggota dan pengurus karang taruna  mutiara desa moyo. “Kepeloporan pengurus maupun anggota dari karang taruna mutiara desa moyo tidak diragukan lagi. Karena eksistensinya dalam membantu pemerintah kecamatan dalam urusan pembinaan kepemudaan sangat kelihatan. Terlihat dari berbagai aktifitas kesenian, olahraga, dan lain sebagainya, pemuda-pemuda kita ini selalu berada di depan untuk membina pemuda lain disamping membina diri mereka sendiri. Sehingga tiga tahun berturut-turut mereka selalu masuk dalam tiga besar pemilihan pemuda pelopor tingkat kabupaten sejak tahun 2009 yang lalu” tambahnya. (gempar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar