Minggu, 22 Juli 2012

SILATURRAHMI DENGAN MUDAH DAN MURAH MELALUI INTERNET


KM GEMPAR, BANTU WARGA BERSILATURRAHMI DENGAN CARA TELKOMFREN

Bulan ramadhan bagi sebagian orang akan sangat bermakna bila dijalankan bersama orang-orang tercinta seperti keluarga. Suasana berbeda akan terasa bila kita jauh dari sanak family saat kita menjalankan ibadah puasa terutama disaat-saat berbuka puasa ataupun makan sahur. Bila kita berkumpul bersama keluarga tentu kita akan merasa gembira dalam suasana kehangatan keluarga. Namun bila kita menjalankan ibadah puasa seorang diri perasaan sedih dan sepilah yang akan menemani. Dizaman canggih seperti sekarang, banyak cara dan upaya yang dilakukan oleh orang-orang untuk tetap bersilaturrahmi dengan sanak family yang ditinggalkan. Misalnya dengan menelefon, mengirimkan sms, bersilaturrahmi melalui jejaring social seperti facebook, twitter dan lain sebagainya.
Dari beberapa pilihan tersebut ada juga orang yang memilih bersilaturrahmi dengan cara telekomfren bila memiliki perlatan yang memadai. Tentu tidak semua orang bisa memilih cara ini karena memerlukan perlatan yang tidaklah mudah didapatkan. Selain membutuhkan jaringan internet peralatan yang harus ada misalnya seperangkat computer atau laptop yang memiliki kamera dan sound system yang standar. Beruntung komunitas kampung media Gempar memiliki peralatan tersebut sehingga bisa melakukan silaturrahmi dengan cara telekomfrens. Bukan bersilaturrahmi dengan sesama anggota kampung media, tapi KM Gempar membantu warga yang ingin bersilaturrahmi dengan kelurganya yang berada di luar negeri.
Ahmad Ishak (mek) warga desa moyo yang sudah bertahun-tahun ingin bertatap muka dengan saudaranya Adam Ishak (ado) dibantu oleh KM gempar untuk bersilaturrahmi dengan saudaranya yang kini berada di kota Ryadh-Saudi Arabia. Sebelumnya, KM gempar telah membuat janji dengan bapak Adam Ishak melalui facebooknya untuk melakukan telkomfrens dengan keluarganya yang berada di desa moyo. Segala persiapan telah dilengkapkan oleh KM gempar dengan menginstal Skype ke laptop agar bisa terhubung dengan bapak Ado yang juga menggunakan skype.
Sabtu (21/7) Pukul 17.25 WITA bertempat di rumah salah seorang anggota KM gempar, bapak Ahmad Ishak bersama anak dan istrinya telah siap di depan monitor. Setelah dapat terhubung ke alamat skype pak Ado, mereka pun bisa berbicara dan bertatap muka langsung lewat monitor. Sentak saja suasana berubah menjadi haru dengan isak tangis karena bisa bertatap muka dengan keluarga yang telah lama berpisah dengan mereka. Tak lama kemudian suasana kembali menjadi ramai dan hangat karena pak ado bisa bersenda gurau dengan keluargnya yang berada di kampung.
Bapak Abdul Hamid salah seorang kerabat yang juga hadir merasa senang dan sangat berterima kasih kepada Kampung Media karena telah membantunya bersilaturrahmi dan bertatap muka dengan pak Ado di Arab Saudi. Ia juga memuji peralatan dan teknologi yang digunakan oleh kampung media. Katanya “Kampung media memang canggih” dan Ia meminta untuk diajarkan cara menggunakan teknologi canggih seperti ini.
Setelah acara telkomfren tersebut usai, motivator KM gempar saudara Zulkifli memberikan motifasi kepada rekan-rekannya bahwa “Apapun pujian dan penghargaan yang diberikan masyarakat kepada kampung media, itu bukanlah menjadi tujuan dari kita. Membantu sesama adalah yang lebih utama. Meski dengan peralatan minim dan seadanya tidak berarti apa yang kita lakukan juga cukup seadanya saja. Seperangkat modem dan mobile router yang siap pakai haruslah mampu memberikan manfaat lebih kepada masyarakat. Masalah perangkat lain seperti laptop selama ini masih bisa dipinjam kepada orang lain. Untuk itu kita harus tetap bersemangat dalam menyebarkan kebaikan kepada masyarakat”. Gempar-Sumbawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar