Rabu, 18 Juli 2012

BELAJAR DIALAM BEBAS SEJAK DINI

REKREASI SAMBIL BELAJAR


PAUD TUNAS HARAPAN 1 Desa Berare memprogramkan rekreasi dengan tujuan memperkenalkan alam kepada anak sejak dini. Selain belajar di dalam ruangan, PAUD TUNAS HARAPAN 1 Desa Berare memilih belajar di alam bebas sebagai program tahunan agar anak-anak di usia dini dapat mengenal secara langsung bentuk dan kegunaan alam. Anak-anak yang yang melakukan perjalanan rekreasi sambil pengenalan alam sebagai salah satu program belajar tidak luput dari dorongan dan pengawasan orang tua karena di situ peran orang tua juga sangat penting.

Tujuan utama pembelajaran mereka yaitu pantai. Di pantai para anak didik di kenalkan dengan benda-benda yang berada di sekitar pantai baik yang alami seperti batu karang dan hewan-hewan laut maupun yang buatan seperti perahu yang sebelumnya sudah di kenalkan dalam bentuk miniatur dan gambar saat belajar di sekolah. Abdul wahid, S.Pd 34 tahun warga desa berare selaku pengelola PAUD memberi keterangan bahwa belajar di alam bebas dapat melatih anak didik untuk berfikir kreatif. “ program belajar di alam bebas ini di laksanakan tiap tahunnya agar anak-anak dapat mengenal alam yang tidak ada di sekitar lingkungan tinggalnya. Selain itu anak-anak juga bisa berfikir kreatif yang dalam hal ini mereka bisa menceritakan perjalanan rekreasi mereka ke dalam bentuk tulisan”.

Program pembelajaran seperti ini sangat bermanfaat bagi perkembangan daya fikir anak sejak dini. Sekiranya pemerintah atau istansi-istansi terkait dapat mendukung program pembelajaran di alam bebas untuk anak di usia dini karena memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembang dan daya fikir anak. Gempar Sumbawa***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar