Senin, 27 Juni 2011

KWARCAB SUMBAWA SIAP SUKSESKAN JAMBORE NASIONAL 2011


Pramuka adalah organisasi non politik yang bertujuan membina mental dan membentuk karakter anak bangsa menjadi pemuda yang bermoral pancasila, serta memiliki fisik dan mental yang kuat, memiliki keterampilan yang kelak berguna bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan Negara. Metode pembinaan dilakukan dengan cara belajar sambil bermain di alam bebas, dengan bantuan orang dewasa (Pembina) sebagai pamongnya (AD/ART gerakan pramuka).

Selasa pagi (27/6) Pramuka Kwarcab Sumbawa siap diberangkatkan guna mensukseskan kegiatan Jambore Nasional tahun 2011 di Okan Komering Hilir (OKI) Palembang Sumatera Utara. Jambore (pesta) sendiri berarti bertemunya seluruh anggota pramuka penggalang (peserta didik usia 11-15 tahun) yang terpilih dari kwartir cabang (kwarcab/kabupaten) masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Pada tahun 2011 ini, jambore nasional merupakan kegiatan jambore yang ke-50 dilaksanakan.

Pada acara pelepasan kontingen kwarcab Sumbawa ke OKI, yang langsung dilepas oleh wakil bupati Sumbawa Drs. H. Arasy Muhkan, beliau berpesan agar seluruh anggota kontingen senantiasa menjaga nama baik pramuka dan nama baik kwarcab Sumbawa di tingkat nasional. Beliau berpesan agar “peserta maupun Pembina pendamping harus senantiasa menjaga tutur bahasa dan komunikasi yang santun terhadap sesama anggota pramuka di arena jambore nanti. Tidak lupa pula beliau berpesan agar kontingen Sumbawa mampu memperkenalkan budaya dan potensi daerah Sumbawa kepada seluruh peserta jambore nanti. Sehingga kabupaten Sumbawa selain dikenal dengan Madu Sumbawanya, potensi lain yang ada di kabupaten Sumbawa juga terekspose ke seluruh Indonesia. Misalnya kuda Sumbawa, Sapi Sumbawa, Kerbau Sumbawa dan lain-lain, karena memang Sumbawa masih banyak terdapat potensi-ptensi lain yang belum terekspose tambahnya”.

Kontingen kwarcab Sumbawa pada kegiatan jambore nasional ini berjumlah 45 orang. Terdiri dari 16 penggalang putera dan 16 orang penggalang puteri. Pembina pendamping 2 orang putera dan 2 orang Pembina puteri ditambah dengan visitor sebanyak 9 orang, seperti yang dilaporkan oleh pimpinan kontingen kak Jumhur sapaan akrabnya. Kontingen Sumbawa nantinya akan bergabung dengan kontingen lain se-NTB untuk dilepas oleh bapak gubernur pada tanggal 28/7 di Mataram.

Selama 3 pekan di arena jambore nasional, kwarcab Sumbawa siap mensukseskan kegiatan ini dengan segenap daya dan upaya. Seluruh peserta yang berangkat sebelumnya sudah di berikan training khusus selama satu pekan. Sehingga kesiapan fisik, mental dan anggarnpun seudah diperhitungkan secara matang oleh tim. Demikian keterangan yang kami dapatkan dari pimpinan kontingen.

Jaya pramuka, jaya kwarcab Sumbawa!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar