Senin, 10 September 2012

TEMU KREATIF JELANG JAMBORE KAMPUNG MEDIA


SUMBAWA SIAP SUKSESKAN JAMBORE KAMPUNG MEDIA NTB

Menghadapi jambore kampung media mendatang, Komunitas Kampung Media Digital se-Kabupaten Sumbawa mengadakan temu kreatif dengan Dishubkominfo Kabupaten Sumbawa. Sambil mengobrol santai dan bersenda gurau ditemani secangkir kopi, obrolan tetap fokus membahas kesiapan kampung media Kabupaten Sumbawa dalam mensukseskan jambore Kampung Media se-NTB pada tanggal 15 September 2012 yang akan datang.

Senin siang (10/9) Bertempat di lantai tiga kantor bupati Sumbawa, temu kreatif dihadiri oleh masing-masing perwakilan Kampung media dengan fasilitator bapak Mirajuddin, ST dari Dishubkominfo Kab. Sumbawa. Sesuai dengan apa yang dihajatkan dalam pertemuan tersebut, ide-ide kreatif dari peserta yang hadir mulai bermunculan satu demi satu sehingga menjadikan diskusi lebih hidup dan menginspirasi beberapa program lain yang akan ditawarkan nantinya pada jambore kampung media se-NTB di Mataram. 

Segmen atau sasaran penyebarluasan informasi nantinya akan diutamakan kepada petani dan peternak yang merupakan kalangan masyarakat bawah tetapi porsentase jumlahnya memang lebih besar dan dominan di kabupaten Sumbawa. Namun tidak mengabaikan segmen lain seperti kalangan/dunia pendidikan, generasi muda, nelayan maupun wiraswasta dan lain-lain. Sehingga program yang ditawarkan nantinya akan sinergi dengan program-program ungulan lainnya dari pemerintah propinsi NTB seperti Bumi Sejuta Sapi dan Swasembada Pangan. 

Karena selama ini petani dan peternak belum mampu meningkatkan taraf hidup mereka dengan pola yang ada disebabkan oleh ketidaktahuan mereka tentang harga maupun pasar yang akan membeli hasil pertanian atau peternakan mereka. Sehingga untuk memperoleh kesejahteraan dari pertanian dan peternakan masih jauh dari harapan. Belum lagi masalah rantai distribusi yang begitu panjang dan memangkas harga beli hasil pertanian/peternakan menjadi lebih murah. “Kondisi inilah menjadi salah satu indikator penyebab kami memilih pertanian dan peternakan sebagai sasaran penyebarluasan informasi nantinya” ungkap sugianto selaku ketua KM-Gempar yang hadir pada pertemuan tersebut. 

Fokus kepada materi diskusi tentang pola penyebarluasan informasi kepada masyarakat, dengan metode serta media yang tepat sasaran, untuk sementara disepakati 3 program. Satu diantara tiga program tersebut, yaitu pola penyebarluasan informasi melalui mimbar khutbah.  Ketiga program yang disepakati sementara ini akan dipertajam lagi pada pertemuan keesokan harinya. Bersambung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar