Minggu, 16 September 2012

JAMBORE KAMPUNG MEDIA, JADIKAN MOMEN EVALUASI BERSAMA

 
JAMBORE Kampung Media sebagai momen evaluasi diri haruslah menjadi renungan bersama demi kemajuan bersama pula di masa mendatang. Lahirnya Kampung Media sejak tahun 2008 lalu dikatakan oleh sebagian orang telah memberikan dampak yang cukup positif terhadap akses informasi di NTB. 

Akses Informasi dari pemerintah ke masyarakat atau sebaliknya dari masyarakat ke pemerintah tentu saja diharapkan memiliki umpan balik positif. Komunitas kampung media yang tersebar di sepuluh kabupaten kota se-NTB sampai dengan tahun 2012 ini berjumlah 50 komunitas seperti yang disampaikan oleh kepala Dishubkominfo NTB bapak Ir. Ridwan Syah MSc, MM. MTp pada acaran Kampung Media Award. Angka yang cukup fantastis dari target pencapaian dishubkominfo NTB yang seharusnya dicapai pada tahun 2013 mendatang namun mampu dicapai setahun lebih maju. Kuantitas memang menjadi salah satu indikator keberhasilan namun kualitaslah yang harus lebih dikedepankan. Sehingga menjadi tugas pemerintah untuk tetap melakukan pembinaan kepada setiap komunitas secara langsung dan melakukan koordinasi yang intens dengan dinas terkait di pemerintah daerah. Sehingga program ini pun bisa berjalan selaras antara pemerintah propinsi dan pemerintah daerah.

Malam anugerah bagi sepuluh kampung media pada sabtu malam (15/9) di ballroom hotel Lombok Raya mendapatkan apresiasi yang beragam dari berbagai pihak dengan masing-masing sudut pandangnya. Namun, tak dapat dipungkiri jika terdapat berbagai kekurangan dalam pelaksanaanya pula. Dari 50 KM yang ada telah ditetapkan 10 kampung media terbaik dengan masing-masing ketegori diantaranya The most active blogger, creative writing, word orderly, winning frame, drive participation, creative wrap, backbone, people scout, professional, best promotor dan duta informasi. Dari pemilihan tersebut, hampir seluruh kabupaten kota mendapatkan nominasi di setiap kategori sehingga masing-masing mendapatkan tropi yang hampir merata.

Memang harus diakui bahwa setiap kampung media yang menjadi agen informasi di wilayahnya masing-masing layak untuk diberikan penghargaan guna membangkitkan semangat berkarya dan berprestasi. Apresiasi semacam ini diharapkan mampu menjadikan KM yang ada semakin mandiri dan mampu bersaing secara positif. Sehingga pada akhirnya kampung media benar-benar memberikan dampak luar biasa bagi kemajuan NTB. Jikalau ini dapat terwujud tidaklah mustahil kalau kampung media akan menjadi program ungulan di tingkat nasional. Seperti yang disampaikan oleh bapak Prof. Dr. Kalamullah staf ahli Menkominfo RI yang hadir dalam kegiatan Jambore kampung media ini.


Sukses,,,!!! untuk teman-teman kampung media NTB. Sampai jumpa pada Jambore kampung media berikutnya yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar