Selasa, 11 September 2012

SUMBAWA USUNG PROGRAM MCC PADA JAMBORE KAMPUNG MEDIA


“Multi Corespondens Center (MCC)”
“Rungan Ramiya”

Menjelang Jambore Kampung Media di Mataram pada tanggal 15 September 2012 mendatang. Kampung Media Digital se-kabupaten Sumbawa telah mengadakan pertemuan lintas Kampung Media bersama dengan Dishubkominfo kabupaten sumbawa. Pertemuan yang dilaksanakan di kantor bupati sumbawa selama dua hari berturut, dirasakan cukup efektif dan efisien sehingga menghasilkan ide kreatif yang nantinya akan disampaikan pada jambore. Dari beberapa strategi penyampaian informasi yang muncul dalam pertemuan tersebut akhirnya di sepakati untuk mengusung program MCC (Multi Corespondens Center) sebagai strategi penyebarluasan informasi.

Program MCC sendiri dipilih mengingat keterbatasan masyarakat selama ini dalam memperoleh informasi. Karena informasi yang diperoleh melalui media massa baik cetak maupun elektronik seperti koran, radio dan televisi dirasakan belum cukup mengakomodir kebutuhan informasi yang sesuai dengan sektor-sektor atau bidang penghidupan kalangan masyarakat tertentu.

Masyarakat juga tidak mudah mengakses informasi secara interaktif melalui media massa, karena beberapa keterbatasan, seperti masalah jangkauan wilayah, sarana dan prasarana serta keterbatasan waktu untuk mengakses informasi tersebut.

Selain itu, media internet pun selama ini dirasakan belum begitu mampu terakses oleh semua kalangan. Hanya sebagian segmen masyarakat, khususnya generasi muda saja yang terlibat dalam penyebarluasan informasi melalui internet. Itu pun kadang tak setiap waktu dan tempat bisa diakses. Secara interaktif, pengguna internet kebanyakan lebih memilih aplikasi social media dalam mengakses informasi, seperti lewat Facebook, twitter, chating dsb.

Sehingga penggunaan media seluler seperti Handpone yang sudah sangat familiar di semua kalangan masyarakat, merupakan solusi terbaik dan paling efektif saat ini dalam menyebarluaskan informasi dalam bentuk apa pun yang dapat menyentuh langsung kepada masyarakat. Hampir seluruh pengguna Handpone mengakses dan mengerti aplikasi Short Masage Service (SMS). Bahkan SMS adalah sarana kedua setelah telepon yang banyak digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh, selain surat dan email. Hadirnya penyediaan layanan SMS Center oleh Provider seluler yang mampu diterima oleh semua pengguna provider tersebut, saat ini menjadi wahana efektif dalam menyebarluaskan informasi.

Khususnya bagi masyarakat di kalangan pedesaan yang kadang membutuhkan informasi-informasi sektor pertanian, peternakan dan informasi aktual lainnya terkait bidang mata pencaharian di suatu wilayah tertentu, yang belum tentu didapatkan dari media massa cetak maupun elektronik.

Layanan SMS Center penyedia informasi ini dapat diakses kapan saja, dimana saja tanpa batasan tempat dan waktu. Dimana masyarakat pengguna, atau yang terakses dengan layanan ini dapat mengirimkan permintaan informasi dan sekaligus mengirimkan informasi yang selanjutnya akan diunggah melalui operator SMS Center ke setiap pengguna layanan yang terdata, maupun ke website atau blog kampung media.

Pada intinya, layanan SMS Center yang kemudian disebut Multi Coresponden Center (MCC) ini menjadi jembatan bagi masyarakat atau komunitas tertentu untuk terarah kepada penggunaan internet maupun media informasi lainnya.
MCC sendiri menjangkau semua kalangan masyarakat yang menggunakan Handpone seperti Petani atau kelompok tani yang membutuhkan informasi cepat terkait sektor pertanian. Contohnya, informasi harga gabah, harga pupuk, informasi komoditas unggulan, atau informasi-informasi terbaru tentang metode tanam dan varietas unggul dsb. 
Peternak atau kelompok ternak yang membutuhkan informasi terkait perkembangan sektor peternakan. Dunia pendidikan (Pelajar, mahasiswa, guru dosen dsb.) Para pencari kerja, TKI/TKW yang membutuhkan informasi terbaru dan tercepat tentang keadaan dalam negeri, maupun komunitas-komunitas profesi dll.

Prospek kedepan dari penggunaan layanan SMS Center ini diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan informasi secara merata di setiap kalangan masyarakat. Karena MCC merupakan jembatan yang akan menggiring masyarakat kepada penggunaan IT seperti internet dalam mengakses informasi, MCC akan dikelola secara kolektif dan multisystem dan multi operator.
Aplikasi atau wahana SMS Center yang berpusat di Server Dishubkominfo memiliki program mutakhir dalam mengelola data yang keluar masuk agar terarah atau terkendali secara sistematis.

Gagasan Layanan MCC) ini diharapkan dapat menjadi metode baru yang lebih efektif dan efisien dalam menyebarluaskan informasi yang bersifat komprehensif dan mencakup (mengakomodir) seluruh kalangan masyarakat. Untuk kabupaten Sumbawa media SMS Center atau MCC ini bernama “Rungan Ramiya” yang memiliki makna secara harfiah dan filosofis berarti, informasi yang ramai luas dan tak terbatas serta mencakup semua kalangan masyarakat. Selanjutnya, program MCC ini akan di kupas lebih dalam pada temu kreatif kampung media pada jambore mendatang. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar