Jumat, 07 September 2012

RAPAT KOMITE MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SUMBAWA

Jum’at (7/9) bertempat di aula Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sumbawa digelar rapat komite bersama para wali murid MAN 2 Sumbawa untuk melaporkan penggunaan dana komite Tahun pembelajaran 2011/2002 serta menentukan besarnya dana komite untuk tahun pembelajaran 2012/2013. Kepala MAN 2 Sumbawa, Dra. Nurtini A. Hamid pada sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin setiap tahun dilakukan yang tujuannya untuk menguatkan tali saliturrahim dan persaudaraan seluruh keluarga MAN 2 Sumbawa serta menyatukan persepsi tentang besar kecilnya dana komite MAN 2 Sumbawa setiap tahunnya. Tambahnya lagi bahwa MAN 2 Sumbawa tidak akan bangun dan berkembang tanpa bantuan dari seluruh keluarga MAN 2 Sumbawa termasuk wali murid.
Ketika Rahmawati, S.Pd selaku bendahara Komite membacakan Laporan Pertanggung Jawaban penggunaan dana komite tahun 2011/2012. Pada tahun lalu pendapatan komite yang diserap dari 240 siswa sebesar Rp. 288.000.000,- dimana iuran komite Rp. 100.000,- /Siswa setiap bulan. Hujan intrupsi datang dari para wali murid terutama ada dana penyusutan Rp. 29.457.000,- yang membingungkan para wali murid. Ibu Rahma sapaan akrab bendahara Komite menjelaskan bahwa dana penyusutan tersebut disebabkan karena terhitung 10 siswa MAN 2 Sumbawa yang keluar tanpa alasan yang jelas sehingga dana tersebut terjadi penyusutan dan masih banyak siswa yang menunggak iuran komite. Ujarnya.
Setelah LPJ penggunaan dana Tahun 2011/2012 sudah jelas dan bisa diterima oleh seluruh wali murid, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Komite Madrasah (RAPBKM) Tahu  pembelajaran 2012/2013 oleh Ketua Komite Madrasah MAN 2 Sumbawa, Mustafa Ibrahim. BA. Beliau mengajukan rencana iuran komite untuk setiap siswa sebesar Rp. 110.000,-/siswa setiap bulan tapi setelah terjadi diskusi yang alot dengan para wali murid maka diputuskan Rp.100.000,-/siswa setiap bulan sesuai dengan iuran komite pada Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Diakhir acara Kepala MAN 2 Sumbawa mengucapkan permohonan maaf karena masih ada ruangan kelas yang belum terpenuhi sehingga siswa ada yang sekolah pagi dan sore dan fasilitas-fasilitas yang belum lengkap. Itu tidak lain dan tidak bukan karena terbentur dengan kondisi pendanaan. Ujarnya. Tambahnya lagi sepanjang Tahun Pembelajaran 2011/2012 kita hanya mendapatkan bantuan pemeliharaan saja, tapi belum mendapatkan bantuan pembangunan baru. Untuk itu sangat diharapkan peran serta dari seluruh lapisan keluarga Madrasah terutama Wali murid, tegasnya.
Semoga tulisan ini dapat memberikan masukan bagi kita semua terutama pemerintah bahwa pentingnya pemerataan pendidikan di seluruh pelosok negeri sehingga tidak ada kesenjangan antara pendidikan di perkotaan dan di pedesaan. Karena setiap warga berhak mendapatkan pendidikan yang layak dan bermutu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar