Rabu, 07 November 2012

LOMBA PPKSS 2012 DESA MOYO MEKAR MEMPERKENALKAN KEGIATAN KELOMPOK BINAAN PKK DAN HASIL KARYANYA

Rabu (7/7) bertempat di aula kantor Desa Moyo Mekar Kecamatan Moyo Hilir TP PKK Desa Moyo Mekar memerkan hasil karya kelompok binaan PKK dan kegiatan yang dilakukan agar kaum perempuan bisa terkoordinir dan berkreatifitas berkaitan dengan lomba PPKSS (Pemberdayaan Perempuan Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera) tingkat Provinsi Tahun 2012.

Dalam kegiatan ini semua kelompok yang menjadi binaan PKK Desa Moyo Mekar memamerkan hasil karya kepada tim juri dan masyarakat yang ikut menyaksikannya. Diantaranya kelompok lansia dsan kelompok buruh migran yang memamerkan kue kering dan masakan khas Sumbawa. Yang paling menarik adalah sabal bage (sambal asam) serta poteng jadi (tape ketan dicampur susu kerbau).

Selain itu juga, kelompok wanita tenun memamerka cara pembuatan kre sesek (sarung khas Sumbawa) yang menarik perhatian para pengunjung khususnya tim juri. Mereka terkesimak melihat para ibu-ibu yang masih menjaga ciri khas Sumbawa yaitu kre sesek. Kegiatan seperti ini harus mendapat perhatian dari pemerintah ujar bapak MIMI sapaan akrab salah satu tim dari provinsi.
 
Yang menjadi ciri khas Kecamatan Moyo Hilir khususnya Desa Moyo Mekar adalah masih terjaga dan berkembangnya kelompok arisan adat (bentuk barang), kelompok arisan gotong royong adat (bangun rumah), dan Desa Siaga (Desa Siap Antar Jaga) yang dilengkapi dengan ambulan Desa memanfaatkan tukang ojek yang ada di Desa Moyo Mekar.

Hakekat pembangunan nasional adalah pembangunan seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, yang akan terwujud apabila sejahtera keluarga dan masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik antara lain melalui gerakan pemberdayaan dan sejahtera keluarga. Dengan demikian  pembangunan bukan hanya menjadi tugas pemerintah saja, akan tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar