Minggu, 04 November 2012

JELANG PEKAN OLAHRAGA KABUPATEN, PERGURUAN TARUNG DERAJAT INTENSIFKAN LATIHAN



Perguruan Tarung Derajat Kabupaten Sumbawa akhir bulan November 2012 ini akan ikut ambil bagian dalam ajang PORKAB Kab. Sumbawa. Dalam mempersiapkan para atlitnya yang ikut dalam ajang tersebut Perguruan Tarung Derajat Kab. Sumbawa telah berinisiatif mengadakan Latihan Gabungan dihalaman Parkir Kantor Bappeda Kab. Sumbawa pada hari Minggu, (4/11) dimulai pukul 07.00 s/d 13.30 wita. Latihan ini bertujuan melihat dan mengkaji tehnik yang dimiliki para anggota Petarung di setiap kecamatan yang telah terdaftar kepengurusan Satuan Latihannya. 

Tercatat 13 Kecamatan yang telah memiliki Satuan Latihan (Satlat), diantaranya : Kecamatan Sumbawa, Kecamatan Labuhan Badas, Kecamatan Untir Iwis, Kecamatan Moyo Hulu, Kecamatan Moyo Hilir, Kecamatan Lopok, Kecamatan Lape, Kecamatan Lenangguar, Kecamatan Lunyuk, Kecamatan Maronge, Kecamatan Plampang, Kecamatan Utan, Kecamatan Alas Barat.
Syamsul Rizal yang akrab disapa dengan kang Angga mewakili koordinator pelatih tarung derajat sumbawa memberikan keterangan bahwa "latian gabungan hari ini bertujuan mempererat silaturrahmi antar sesama anggota, pelatih dan pengurus tarung derajat di kabupaten sumbawa. Selain itu, latian ini juga bertujuan untuk sosialisasi dan memantapkan teknik tarung bagi para atlit yang akan bertanding pada porkab mendatang" tambahnya. 

Jelang tengah hari, latihan dipindahkan ke aula hotel Tambora Sumbawa guna melakukan uji coba bertarung dengan teknik yang baru saja diajarkan oleh para pelatih. Hasilnya, nampak sekali semangat dan kegigihan  para petarung-petarung muda yang berlaga mengeluarkan kemampuannya. Melihat hal tersebut, wakil ketua pengurus cabang tarung derajat sumbawa Kang Jamaluddin (kang Bado')  menyampaikan rasa salut dan bangga kepada semua atlit tarung derajat yang berlaga pada hari itu. Dan beliau berpesan kepada semua atlit maupun pelatih bahwa tarung derajat sesungguhnya mengutamakan kualitas dari pada kuantitas. Namun tarung derajat akan semakin berjaya jika kuantitas anggota dibarengi dengan kualitas pula.

Untuk lebih memantapkan lagi teknik bertarung yang benar, dua atlit nasional yang ikut berlatih pada hari itu kemudian mempraktekkan kembali teknik tarung praktis dan efektif berdasarkan pengalaman mereka pada pekan olahraga nasional (PON) di Riau beberapa bulan yang lalu. Sehingga peserta latihan pun menjadi paham dengan teknik tarung yang sebenarnya.

Pengurus tarung derajat sumbawa kemudian berlanjut pada rapat persiapan pelaksanaan porkab mendatang. Beberapa kesepakatan yang dihasilkan diantaranya pelaksanaan porkab tarung derajat akan dilaksanakan pada tanggal 23 s.d 25 Nopember 2012 bertempat di Gelanggang Olahraga Mampis Rungan Sumbawa Besar. Dari 12 cabang yang dipertandingkan terdapat 9 kelas untuk putera dan 3 kelas untuk puteri. Umur yang diperbolehkan bagi atlit minimal 17 tahun dan maksimal 29 tahun. 

Satu hal yang menarik adalah jika atlit di satu kecamatan menumpuk di kelas yang sama, maka atlit tersebut bisa diikutkan melalui kecamatan lain. Dengan maksud agar atlit yang sudah giat berlatih bisa ikut bertanding tanpa terkendala masalah jumlah atlit yang hanya boleh diikuti oleh satu atlit di setiap kelas, masing-masing kecamatan. Dengan formasi pertandingan seperti ini diharapakn nantinya kejuaraan tarung derajat tahun 2012 ini, menjadi wahana penyeleksian bibit atlit di kejuaraan-kejuaraan yang lebih tinggi.


Dalam rapat ini pula, Pengurus Cabang dan Pengurus Perguruan Tarung Derajat Kab. Sumbawa sepakat bahwa PORKAB 2012 ini harus tetap dilaksanakan walaupun masih terkendala dengan minimnya pendanaan yang dimiliki. Namun masalah ini tidak boleh mematahkan semangat para pelatih dan anggota petarung dalam menjalin komunikasi yang inten demi suksesnya perhelatan ini, tegas Syamsul "Angga" Rizal disela-sela pertemuannya dengan para Petinggi Tarung Derajat Kab. Sumbawa.



Salah seorang pelatih tarung derajat dari kecamatan moyo hilir kang sabaruddin, S.Pd menyambut baik akan hal tersebut. Seperti yang diungkapkan kepada KM Gempar bahwa "selama ini kecamatan moyo hilir memang sangat produktif dalam mencetak atli-atlit tarung derajat. Bahkan dalam beberapa kejuaraan ditingkat propinsi pun, kecamatan moyo hilir cukup mendominasi dan selalu mengikutsertakan atlitnya. Untuk itu, formasi semacam ini akan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada atlit guna mengembangkan kemampuannya. Sehingga ke depan melalui tarung derajat, atlit-atlit kita akan mampu mandiri secara pribadi dan mendapatkan peluang kesuksesan untuk masa depan mereka". 

Filosofi Tarung Derajat :
"Aku Berlatih Tarung Derajat adalah Untuk Menaklukkan Diri Sendiri tapi Bukan Untuk Ditaklukan oleh Orang Lain " & " Jadikanlah Dirimu oleh Diri Sendiri "


Jayalah Tarung Derajat Sumbawa !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar