Jumat, 29 Maret 2013

MENCARI SESUAP NASI DENGAN NGOMO’



Ngomo’ merupakan kegiatan mencari sisa panen padi atau kacang hijau. Ngomo' (Bahasa Sumbawa) berasal dari kata somo’ yang artinya mengumpulkan. Dalam arti luas ngomo’ merupakan mencari dan mengumpulkan sisa padi atau kacang hijau setelah orang panen. Ngomo’ biasanya dilakukan oleh orang-orang yang taraf hidupnya berada dibawah garis kemiskinan. terutama orang yang tidak memiliki lahan untuk bercocok tanam. Ngomo' dilakukan ada yang perorang dan ada yang berkelompok. seperti halnya yang dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga di Dusun Sengkal.
“saya memanfaatkan musim panen untuk mencari sesuap nasi dan uang untuk keperluan sehari-hari dengan cara ngomo’. Biasanya dalam sehari kami dapat mengumpulkan gabah sekitar 2 belik (takaran untuk menakar padi) dan kadang-kadang juga kurang". Ujar bu Raming kepada Kru Gempar yang kebetulan ketemu waktu ngomo’ pada hari Jum'at (29/3) di area pesawahan antara Dusun Sengkal dengan Desa Batu Bangka.
Ternyata dizaman kemajuan seperti sekarang ini masih banyak warga yang belum mendapatkan kesejahteraan. Bahkan sampai ngomo’ disawah orang. Untuk itu, diharapkan kepada pemerintah untuk memperhatikan kesejateraan masayarakat pedesaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar