Kamis, 28 Maret 2013

PEMBAYARAN SECARA ONLINE; TUNGGAKAN REKENING LISTRIK MALAH MENINGKAT

Moyo Hilir (28/3), Pembayaran listrik secara online bertujuan memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran tagihan listrik tanpa dibatasi oleh faktor demografi atau tempat dan lokasi. Namun pada kenyataannya, program pembayaran listrik secara online ini justru menyulitkan masyarakat. 

Sebelum diberlakukan pembayaran secara online, masyarakat melakukan pembayaran listrik di masing-masing kantor desa. Namun pembayaran sekarang dilakukan pada loket pembayaran online yang terdapat di Kantor POS atau loket pembayaran khusus yang berada di ibukota kecamatan. Sehingga untuk melakukan pembayaran, masyarakat harus merogoh kocek lagi sebagai  biaya transportasi. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan meningkatnya tunggakan pembayaran tagihan listrik di kantor PLN Moyo Hilir. 

Menurut Bapak A. Wahab petugas PLN Moyo Hilir yang melakukan penagihan, "Tunggakan yang meningkat sudah terjadi sejak awal-awal diberlakukannya pembayaran secara online". Namun petugas dari PLN Moyo Hilir pada awalnya memahami karena program ini masih baru dan belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat. Seiring dengan berjalannya waktu, tunggakan listrik justru semakin meningkat dari waktu ke waktu. Anehnya, tunggakan terjadi di wilayah yang dekat dengan ibukota kecamatan. Bahkan tunggakan bisa mencapai ratusan nomor rekening listrik dengan tunggakan yang berfariasi pula. Ada Tunggakan yang satu bulan, dua bulan, bahkan ada tunggakan yang mencapai enam bulan.

Sugianto staf kantor desa moyo mekar memberikan keterangan yang senada. "Meski Desa Moyo Mekar termasuk ibu kota kecamatan, masyarakat yang datang ke kantor desa sering mengeluh dengan pembayaran online ini" tandasnya. Dulu, masyarakat mudah melakukan pembayaran di kantor desa karena mudah dijangkau. Tapi sekarang, masyarakat kesulitan melakukan pembayaran ke kantor POS karena jaraknya cukup jauh."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar