Selasa, 19 Maret 2013

KEBERLANJUTAN BSS



BSS (Bumi Sejuta Sapi)  merupakan salah satu program pemerintah dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat dibidang peternakan. BSS ini diresmikan pada tahun 2009. Untuk menyukseskan BSS ini tentunya banyak program lain yang menjadi penunjang seperti pengadaan bibit unggul, pembuatan kandang, padang pengembalaan, pengadaan sumur dan fasilitas lainnya.
            Bulan januari lalu, khususnya pada kelompok ternak Saling Beme di Dusun Ai Limung mendapat bantuan dana untuk penanaman rumput unggul seluas 20 Ha. Ada pun rumput yang di tanam yaitu rumput gajah, rumput raja, rumput benggala dan African star. Karena hanya jenis rumput ini saja yang dapat bertahan hidup dengan kondisi tanah Ai Limung yang sangat kering.
            Menurut pak Agus (anggota kelompok Saling Beme) “ rumput-rumput ini ditanam dengan tujuan untuk memaksimalkan produksi hijauan pada lahan peternak. Selain itu, kami dari kelompok saling beme khususnya mempersiapkan sebanyak mungkin pakan untuk program penggemukan terhadap sapi yang sudah afkir dan sapi yang genetiknya jelek”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar