Senin, 25 Juni 2012

PENUTUPAN MUSABAKAH TILAWATIL QUR'AN (MTQ) DI SUMBAWA

Kesiapan masyarakat kecamatan Lopok dalam menyukseskan MTQ ke-26 Tahun 2012 ini patut diacungi jempol. Lebih-lebih warga desa Langam sebagai tuan rumah pelaksanaan. Sejak pembukaan MTQ seminggu yang lalu (17/6) kemeriahan tampak meramaikan malam di arena utama. Masyarakat yang datang dari seluruh pelosok kabupaten Sumbawa juga ikut meramaikan kegiatan MTQ kali ini. Bupati sumbawa yang hadir pada malam pertama secara resmi membuka pelaksanaan MTQ di tandai dengan pembukaan replika Al-Quran besar dari balik tirai yang ditempatkan di tengah-tengah arena utama. Suasana menjadi lebih meriah dengan letusan kembang api selama hampir 30 menit membuat suasana malam menjadi gemerlap bercahaya menghiasi langit desa Langam. Di semua sudut lapangan di hiasi oleh taman-taman kecil yang anggun dengan gemerlap cahaya lampu yang berwarna warni laksana kota metropolitan. 

Kafilah kecamatan Moyo Hilir yang ikut ambil bagian pada MTQ kali ini tidak luput dari kemerihaan ini. Sehingga menjadi semangat tersendiri untuk mengukir prestasi pada musabakah kali ini. seperti yang disampaikan oleh salah seorang anggota kafilah moyo hilir (Peni Purnama Dewi) yang baru kali ini mengikuti kegiatan MTQ. "Awalnya saya merasa pesimis untuk berlomba, tapi saya menjadi bersemangat karena kemeriahan yang nampak dan memberikan kesan yang kompetitif". 

Setelah seluruh mata lomba selesai di perlombakan akhirnya tibalah malam penutupan sekaligus pengumuman pemenang. Dari hasil yang dibacakan oleh ketua dewan hakam (juri) kecamatan moyo hilir juga berhasil menorehkan beberapa prestasi diantaranya juara III Hifzil Qur'an golongan 1 juz atas nama Ahmad Ali Buni, Juara III Hifzil Qur'an golongan 10 juz atas nama Nurul Fajri, Juara III Qiroatil Qur'an atas nama Hasan, Juara III Kaligrafi golongan naskah puteri atas nama Murniati, juara harapan I kaligrafi golongan naskah putera atas nama Zulkifli, dan juara harapan III MMKQ atas nama Peni Purnama Dewi.

Bapak Alamuddin, S.Ag salah seorang official kafilah Moyo Hilir yang diwawncarai oleh KM Gempar memberikan tanggapan seputra keberhasilan kecamatan moyo hilir pada MTQ kali ini. Menurutnya, jumlah perolehan juara tahun ini memang bertambah tetapi tidak ada juara yang bisa mewakili kecamatan moyo hilir ke tingkat provinsi (juara I). Karena memang persaingan pada MTQ tahun ini semakin kompetitif ditambah lagi dengan hadirnya wajah-wajah baru yang memiliki kemampuan yang tidak kalah bagus dengan peserta pada tahun-tahun sebelumnya. 

Setelah pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenang, kegiatan MTQ di tutup secara resmi oleh wakil bupati sumbawa Drs. H. Arasy Muhkan pada hari minggu malam (24/6). Tidak kalah meriahnya dengan malam pembukaan, pada malam penutupan juga berlangsung dengan meriah. Puncak penutupan ditandai dengan penutupan lembar Al-Qurn'an besar dengan tirai yang disambut oleh letusan kembang api dan tepukan tangan seluruh yang hadir menjadi gemuruh semangat persatuan umat islam tana samawa. Gempar-Sumbawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar