Minggu, 10 Juni 2012

BUDIDAYA BIBIT POHON GLODOK



HIJAUNYA BUMI MENJADI SUMBER KEHIDUPAN

Dewan Kerja Ranting (DKR) gerakan pramuka Moyo Hilir memanfaatkan halaman kosong di sekreteriat bersama Moyo HIlir untuk membudidayakan bibit pohon glodok demi kembalinya bumi hijau yang menjadi sumber kehidupan bagi mahluk hidup bumi, yang nantinya akan di programkan pada kemah penghijauan setelah bibit siap untuk di pindahkan dari tempat pembibitan ke tempat tanam terakhir.

Secara teori pohon mempunyai peran yang sangat penting bagi kehidupan di bumi baik bagi manusia,hewan, dan tumbuh-tumbuhan, karena daerah yang hijau  di tumbuhi pohon-pohon besar merupakan sumber oksigen dan yang paling penting merupakan sumber resapan air. Sekarang pepohonan di daerah hulu Kabupaten Sumbawa sudah mulai di tebang dan dijadikan daerah pertambangan. Sementara daerah hulu tersebut menjadi daerah resapan air yang sangat perpengaruh bagi masyarakat Sumbawa terutama masyarakat di daerah hilir.
Mengingat banjir yang terjadi pada februari dan april lalu di daerah kecamatan Moyo Hilir  membangkitkan semangat relawan pramuka DKR Moyo Hilir untuk membudidayakan bibit pohon glodok  demi mengantisipasi habisnya daerah resapan air yang bisa mengakibatkan banjir. Bibit-bibit tersebut nantinya tidak di perjualbelikan melainkan untuk menciptakan bumi hijau sebagai sumber kehidupan dengan sukarela.

Ketua DKR gerakan pramuka Moyo Hilir sugianto 24 tahun warga desa moyo, berharap kepada pemerintah untuk bisa mendukung penuh kegiatan ini. “tanpa adanya kerjasama dengan masyarakat program ini tidak akan berjalan sesuai dengan apa yang telah di rencanakan. Pemerintah terutama istansi-istansi terkait sekiranya bisa memberi penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon demi kelangsungan hidup di masa mendatang”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar