Rabu, 13 Juni 2012

HARI PERTAMA PEREKAMAN KTP ELEKTRONIK (E-KTP) DI MOYO HILIR

ANTUSIASME WARGA TERHADAP PEMBUATAN E-KTP


Hari pertama (kamis, 14/6) perekaman E-KTP di kecamatan moyo hilir berlangsung cukup lancar. Pagi-pagi sekali terlihat warga datang dengan antusias untuk melakukan perekaman data di kantor kecamatan. Sehari sebelumnya, pemerintah kecamatan moyo hilir telah melakukan sosialisasi kepada seluruh kepala desa. Dan pada hari pertama pelaksanaan perekaman data E-KTP dimulai dari ibukota kecamatan yaitu desa Moyo.
Bapak Hairil selaku kepala desa Moyo yang kami temui di kantor kecamatan ketika mendampingi warganya melakukan perekaman data terlihat semangat memberikan pemahaman kepada warganya tentang penting dan perlunya perekaman data E-KTP ini. Di sela-sela kesibukannya itu, beliau memberikan keterangan kepada KM gempar bahwa sosialisasi kepada warganya telah dilakukan serempak melalui mik komando yang ada di setiap rumah kepala dusun. Kemudian distribusi surat panggilan sudah dibagikan kepada warganya. Beliau mengatakan “dari seluruh warga desa moyo yang wajib memiliki KTP berjumlah 1.759 perekaman data diatur dengan menggunakan sistem kapling”. Yaitu dengan menyelesaikan 1 RT setiap harinya. “hari ini giliran RT 1 dan besok giliran RT 2 dan seterusnya” tambah pak kades.

Di ruangan yang sama terpantauan oleh KM Gempar, warga sedang dipandu oleh petugas kecamatan yang dipimpin langsung oleh bapak camat moyo hilir Abu Bakar, SH. Warga dipandu dan diberikan pemahaman tentang langkah-langkah perekaman data. Mulai dari penduduk datang ke tempat pelayanan membawa surat panggilan kemudian petugas melakukan verifikasi (pencocokan) data penduduk dengan database. Selanjutnya diruang perekaman data warga melakukan foto (digital) dilanjutkan dengan membubuhi tanda tangan pada alat perekam tandatangan. Hingga perekaman sidik jari pada alat perekam sidik jari dan terkahir scan retina mata. 

Pada kesempatan yang sama, bapak camat moyo hilir Abu Bakar, SH ketika kami mintai keterangan seputar pelaksanaan perekaman data E-KTP. Bapak camat mengatakan “dengan bismillah dan niat yang tulus, perekaman data pertama dan perdana di kecamatan ini kita laksanakan sebagai wujud dari niat kita bersama dalam mensukseskan program pemerintah”. Dalam keterangannya yang lain, bapak camat menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan hari ini kita mulai sejak pukul delapan pagi, dengan target capaian seratus orang per hari. Target ini sudah sesuai dengan kondisi peralatan dan tenaga operator yang tersedia. Namun, tidak menutup kemungkinan pencapaian tersebut bisa meningkat pada hari-hari berikutnya. Sehingga dari 17.580 jiwa wajib KTP di kecamatan moyo hilir yang tersebar di 10 desa bisa terselesaikan sesuai dengan batas waktu yang diberikan.

Untuk itu, masyarakat diminta bekerjasama dan datang ke kantor kecamatan apabila telah menerima surat panggilan supaya tidak mengganggu jadwal perekaman data yang sudah diatur bersama. Sediakalanya warga diminta mengatur kegiatan mereka supaya tidak berbenturan dengan pelaksanaan perekaman ini. Sampai dengan berita ini kami terbitkan, pelaksanaan perekaman data E-KTP hari pertama masih terus berlangsung dan dijadwalkan sampai dengan pukul 17.00 wita (untuk perekaman data) dan sampai pukul 20.00 wita pengiriman data ke pusat secara online. KM Gempar-Sumbawa

1 komentar: