Rabu, 02 Mei 2012

STQ KECAMATAN MOYO HILIR SEGERA DILAKSANAKAN

STQ BANGKITKAN SEMANGAT CINTA QUR'AN

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangkitkan semangat mencintai Al-Qur'an. Salah satunya dengan melaksanakan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) bukan hanya ditingkat provinsi atau nasional namun STQ mestinya dilaksanakan hingga ke tingkat desa/kelurahan. Seperti yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kecamatan Moyo Hilir pada tanggal 11 Mei yang akan datang.

STQ yang akan digelar merupakan langkah awal kontingen moyo hilir untuk menyukseskan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ditingkat kabupaten beberapa bulan mendatang. Dalam rapat persiapan dan pembentukan panitia pelaksana STQ kecamatan moyo hilir tahun 2012, dilaksanakan pada hari rabu (2/5) bertempat di kantor kecamatan moyo hilir dan dihadiri oleh semua kepala desa bersama official masing-masing desa. Muncul sebuah harapan baru akan semaraknya syiar membaca Al-Qur'an  tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya kontingen moyo hilir hanya melakukan pembinaan atau training bagi peserta yang memang sudah ditetapkan menjadi wakil kecamatan dengan menggunakan sistem copot namun pada tahun ini syiar STQ/MTQ lebih digemakan lagi. 

Desa Moyo Mekar sebagai tuan rumah pelaksanaan, telah melakukan berbagai persiapan guna menyukseskan STQ tahun ini. Bapak Burhanuddin selaku official mengatakan "Desa kami telah memaksimalkan seluruh peserta yang akan ikut pada STQ minggu depan, diantaranya dengan menjemput soal-soal Fahmil Qur'an (cerdas cermat) ke kantor KUA kabupaten untuk segera dihafalkan oleh peserta dan itu sudah kami lakukan sejak dua bulan yang lalu. Pada mata lomba lain kami juga melakukan persiapan serupa dengan melakukan pembinaan intens kepada seluruh peserta. Juara bukanlah tujuan utama kami, namun syiar dan semangat membaca Al-Qur'an adalah tujuan yang paling diutamakan" tambahnya.

Menurut keterangan yang kami dapatkan dari koordinator pelaksana STQ Bapak Subhan, bahwa untuk memacu semangat peserta STQ, LPTQ kecamatan telah menyiapkan dana pembinaan, piagam penghargaan dan piala bagi pemenang 1, 2 dan 3 serta piala bergilir bagi desa yang meraih juara umum. Dan pada tahun depan pelaksanaan STQ akan digilir ke seluruh desa-desa agar syiarnya lebih bergema lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar