Minggu, 13 Mei 2012

SEKRETARIAT BERSAMA ORGANISASI KEPEMUDAAN MOYO HILIR


SEKRETARIAT BERSAMA SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN GENERASI MUDA

Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa, Keberadaan sekretariat bersama (sanggar) kecamatan Moyo Hilir memberi dampak positif bagi generasi muda di Kecamatan ini. Sekretariat bersama yang di dalamnya terdapat beberapa organisasi seperti organisasi pramuka, LATS (Lembaga Adat Tana Samawa), Komunitas Kampung Media Digital (KM GEMPAR), karang taruna, dan KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) yang bisa membangkitkan  keinginan dan kemauan para pemuda untuk bisa menjadikan dirinya sebagai generasi yang dapat di banggakan oleh Bangsa dan dapat menjadi tauladan bagi pemuda-pemuda lainnya.

Organisasi dan lembaga yang bernaung pada sekretariat bersama sangat aktif, seperti Organisasi pramuka yang membina generasi muda  untuk bisa berjiwa pancasila  seperti mottonya “satya ku ku dharmakan, dharma ku ku baktikan” yang dimana satya itu berarti janji suci dan dasa dharma adalan 10 perilaku seorang pramuka, kegiatan-kegiatan pramuka antara lain seperti pembibitan pohon yang nantinya bisa digunakan untuk kegiatan bakti masyarakat dalam rangka penghijauan. 

LATS (Lembaga Adat Tana Samawa) membina dan mendidik generasi muda bangsa dalam pengembangan kebudayaan daerah agar kedepannya tidah hilang dan dapat di kenal pada generasi-generasi nantinya. Eksistensi nilai kebudayaan yang di kembangkan di sekretariat bersama ini telah mampu mengukir prestasi gemilang pada even-even kebudayaan pada tingkat kabupaten hingga provinsi. 

Komunitas Kampung Media Digital (KM GEMPAR) yang membina dan mendidik generasi muda untuk bisa berfikir kritis dan sistematis dengan melatih diri menyampaikan informasi yang sehat dan bermanfaat sesuai dengan kode etik jurnalis. Keberadaan kampung media digital di bawah binaan Dishubkominfo profinsi NTB menjadi pelengkap kegiatan pemuda-pemuda di sekretariat bersama sehingga banyak pengetahuan yang bisa di peroleh apa lagi di sekretariat ini di lengkapi dengan pasilitas modem router yang bisa mengakses dunia maya (internet) dan mengajarkan teknologi masa kini.

Organisasi karang taruna yang memberi kesan positif untuk wilayah desa setempat yang aktif dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan seperti gotongroyong dan mengadakan beberapa kegiatan lainnya seperti perlombaan yang bisa membangkitkan kemauan masyarakat dari tidak bisa menjadi bisa dan menjadi contoh hidup bermasayarakat yang baik. Keberadaan KNPI juga mengajarkan kepada pemuda dan masyarakat tentang isu-isu lingkungan yang marak di persoalkan di Kabupaten Sumbawa saat ini seperti pertambangan tanpa ijin (PETI) maupun keberadaan PT.Newmont. KNPI sering menjadi fasilitator bagi masyarakat yang ingin menyampaikan keinginannya kepada Pemerintah terkait isu lingkungan dan isu-isu lainya.

Kegiatan-kegiatan yang di lakukan di sanggar (sekretariat bersama) ini di sambut baik oleh Masyarakat dan pemerintah setempat. Bapak Khairil kepala desa moyo ketika ditemui di ruang kerjanya hari sabtu lalu (1/5) mengatakan “kami sangat bersyukur dan mendukung segala bentuk kegiatan pemuda-pemuda di tempat ini, karena dengan keberadaannya mampu memberikan sisi positif bagi masyarakat dan dapat membantu pemerintah dalam upaya pengembangan generasi muda di desa moyo dan moyo mekar, bahkan moyo hilir secara keseluruhan. Kami melihat dan memantau bukan hanya pemuda dari desa kami saja yang sering berlatih di sini, baik itu berlatih olahraga, kesenian, kebudayaan, berlatih berorganisasi dan lain-lain. Untuk itu kami sangat mendukung kegiatan pemuda-pemuda di sekretariat ini”.

Namun sejauh ini para pemuda-pemuda yang mengelolah sanggar tersebut masih membutuhkan dukungan dan perhatian dari pemerintah agar apa yang menjadi tujuan mulianya bisa di respon penuh oleh masyarakat. Harapan terbesar mereka saat ini adalah pasilitas yang layak seperti pembenahan atau rehab bangunan sekretariat Karena kondisi bangunan yang sudah tua dan mulai rapuh. Mengingat bangunan ini merupakan bangunan peninggalan pada zaman penjajahan Belanda. Bangunan ini juga pernah di jadikan kantor demung (camat) pada masa itu dan kantor Depdikbud kecamatan Moyo Hilir. Saat ini bangunan tersebut menjadi aset daerah/pemerintah Kabupaten Sumbawa.

1 komentar: