Rabu, 02 Mei 2012

SOSIALISASI DAMPAK PENYAKIT TBC




Rabu, (2/5) pukul 09.00 Wita bertempat di Aula Kantor Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir diadakan sosialisasi dampak penyakit TBC oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa bekerja sama dengan KUPT Puskesmas Kecamatan Moyo Hilir yang dihadiri oleh Kepala Desa Moyo dan Kepala Desa Moyo Mekar, Kepala Dusun, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat beserta Ketua RT yang berasal dari kedua Desa Yaitu Desa Moyo dan Desa Moyo Mekar.
Bapak Subagio, S.Kp selaku KUPT Puskesmas Kecamatan Moyo Hilir pada sambutannya menyampaikan bahwa Desa Moyo berada pada Posisi Nomor 3 tingkat penderitaan TBC di Kabupaten Sumbawa untuk itu perlu ada kewanpadaan kepada kita semua bahwa tidak menutup kemungkinan kondisi itu bisa diperparah dengan belum adanya kesadaran dan kewaspadaan kita terhadap penyakit ini. Ungkapnya.
Berdasarkan yang disampaikan oleh salah satu perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa bapak Lalu Zimbawara, S.Km menjelaskan bahwa Tuberkulosis (TB) yang dulu dikenal dengan TBC adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis). Kuman TB terutama menyerang paru-paru, tetapi dapat juga menyerang organ atau bagian tubuh lainnya (misalnya : tulang, kelenjar, kulit dll). Itu terbukti beberapa tahun yang lalu ada seorang warga Dusun Brang Bru Desa Moyo yaitu bapak Made yang menderita TBC Kelenjar dan akhirnya beliau meninggal dunia.Ujarnya.
 
Tambanya lagi bahwa TB dapat menyerang siapa saja, terutama usia produktif/masih aktif bekerja (15-50 Tahun) dan anak-anak dan TB dapat menyebabkan kematian. Apabila tidak diobati, 50% dari pasien TB akan meninggal setelah 5 Tahun. Dan untuk mencegah TB tidak menular, maka langkah yang kita ambil ungkapnya yang pertama tutup mulut dan hidung pada saat batuk/bersin dengan saputangan atau tisu, kedua tidak meludah sembarangan (ditampung dan dibuang ke lubang WC lalu disiram sampai bersih), ketiga sementara hindarilah kontak langsung dengan anak-anak balita, keempat segera mencuci alat makan setelah digunakan¸ kelima memakai masker jika bersama dengan orang lain.

Diakhir acara pak Bagio sapaan akrab KUPT Puskesmas Kecamatan Moyo Hilir menekankan pentingnya hidup sehat untuk seluruh masyarakat, sejak dini untuk giat lakukan imunisasi BCG, dan diharapkan kepada seluruh peserta untuk menyampaikan informasi tentang TBC kepada masyarakat sehingga masyarakat sadar akan kesehatannya serta proses pencegahan dan minimalisir terjadinya penyebaran penyakit TBC kepada orang lain dapat teratasi dan terhindarkan. 
Kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan dan kembangkan kepada sosialisasi dan penyuluhan tentang  penyakit yang mematikan lainnya sehingga masyarakat lebih sadar akan kesehatan dan pola hidup sehat di lingkungan keluarga dan masyarakat dan akhirnya akan menekan angka kematian yang diakibatkan oleh penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar