Senin, 26 Desember 2011

TIM PENGGERAK PKK KABUPATEN SUMBAWA ADAKAN PENGAJIAN DI KECAMATAN MOYO HILIR

MEMBANGUN KELUARGA YANG SAKINAH, MAWADDAH, MAWARAHMAH MELALUI PKK.


Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan Gerakan Nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat. Pemberdayaan Keluarga meliputi segala upaya Bimbingan, Pembinaan dan pemberdayaan agar keluarga dapat hidup sejahtera, maju dan mandiri. PKK adalah mitra kerja pemerintah yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang demi terlaksananya program PKK. Sasaran Gerakan PKK adalah Seluruh Anggota Keluarga yang masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuan dan kepribadiannya dalam bidang mental spiritual, meliputi sikap dan perilaku sebagai insan hamba Tuhan, anggota masyarakat dan warga negara yang dinamis serta bermanfaat, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Fisik material, meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan.

Selaras dengan hal itu, tim penggerak PKK kabupaten Sumbawa mengadakan pengajian secara kontinyu dis seluruh kabupaten sumbawa. Senin (26/12) tim penggerak PKK kabupaten Sumbawa mengadakan pengajian di masjid besar syamsul falah kecamatan moyo hilir. Tim yang di pimpin langsung oleh ibu Hj. Rahmawati Jamaludin Malik, dalam kunjungannya ini menyerahkan bantuan uang kepada masjid syamsul falah yang saat ini sedang dalam tahap renovasi bagian atas/atap. Pengajian yang dilaksanakan pada sore hari ini, diikuti oleh ibu-ibu dari berbagai kelompok pengajian yang ada di kecamatan moyo hilir dan juga dihadiri oleh bapak-bapak imam masjid dan tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.

Dalam sambutannya, ibu rahmawati mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sudah menjadi agenda rutin tim penggerak PKK kabupaten Sumbawa yang bertujuan untuk mempererat silaturrahmi dan memberikan pembinaan kepada PKK yang ada di kecamatan. Terutama dalam hal bagaimana mencapai keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Selain itu, pembinaan kewirausahaan kepada tim penggerak PKK juga menjadi agenda penting untuk dilakukan. Seperti yang telah dilakukan di beberapa desa dan telah memberikan hasil yang cukup memuaskan. Tambahnya lagi, pembinaan yang telah dilakukan di desa Berora misalnya, telah berhasil menumbuhkan usaha kecil yang sangat produktif bagi anggota PKK tersebut. dari modal yang diberikan sebesar lima juta rupiah, mampu berkembang hingga mencapai tiga puluh juta rupiah dan jumlah itu adalah jumlah keuntungan yang terdapat di dalam kas. Untuk itu, kepada tim penggerak PKK di kecamatan moyo hilir harus mampu melakukan hal yang serupa bahkan melebihinya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tausyiah yang disampaikan oleh ustat Faisal. Kepada seluruh peserta pengajian diberikan uraian tentang bagaimana membentuk keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah. Kunci dari keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah sendiri terletak pada wanita/ibu sebagai orang yang lebih tahu tentang pengelolaan dalam rumah tangga dan bagaimana mendidik anak. Wanita sesungguhnya tiang negara. Bila wanitanya baik, maka baik pula suatu negara. Sebaliknya bila wanitanya rusak, maka hancurlah suatu negara. (jul).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar