Selasa, 20 Desember 2011

LOMBA TINGKAT (LT) III TAHUN 2011


LOMBA TINGKAT III KWARCAB SUMBAWA RESMI DIBUKA

Gerakan pramuka pada prinsipnya mengorientasikan pola gerakannya dalam bentuk pembinaan generasi muda yang edukatif, kreatif dan komprehensip. Lomba Tingkat III adalah salah satu bentuk kegiatan pramuka penggalang yang diarahkan sebagai wahana/bahan evaluasi individu dan satuan yang berkenaan dengan konteks bina diri dan bina satuan dalam sistem among.  Dalam hal ini kwartir cabang Sumbawa bermaksud menyelenggarakan agenda kegiatan kepramukaan sesuai program kerjanya yakni lomba tingkat III tahun 2011.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal (20/12) akan berakhir sampai tanggal (5 /12) mendatang. Jadwal yang sangat padat dan rapat membuat kegiatan ini harus dibuka pada tanggal (21/12) dikarenakan pengurus Kwarcab Sumbawa juga terlibat pada pelaksanaan Bulan Citra Budaya (BCB) dalam rangka memeriahkan HUT propinsi NTB ke-35 dan HUT Kabupaten Sumbawa ke-35. Pembukaan kegiatan LT III tahun 2011 berlangsung tepat pukul 08.00 WITA yang dibuka langsung oleh bapak Syafruddin AR, M.Pd pengurus kwarcab Sumbawa. Beliau berpesan kepada peserta LT III akan dua hal : pertama, selalu menjalankan dasa darma (10 nilai dasar/pokok anggota pramuka) terutama dasa darma yang pertama yaitu Takwa kepada tuhan yang maha esa. Bila dasa darma yang pertama ini selalu ditepati maka kita telah mendapatkan satu nilai yang akan dikalikan dengan jumlah seluruh kegiatan pada LT III ini. Namun, apabila dasa darma yang pertama ini ditinggalkan maka kegiatan yang lain akan tidak bernilai sama sekali (bernilai nol).
Kedua, kepada peserta LT III agar mampu mengambil hikmah dari apa yang dilihat, dialami dan dirasakan selama kegiatan ini sebagai salah satu bentuk tadabbur kepada ciptaan yang maha kuasa. Dengan tadabbur/memuji kebesaran tuhan, kita bisa menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar kita sebagai wujud dari tugas manusia menjadi khalifah di atas bumi.

Setelah kegiatan ini dibuka secara resmi maka kegiatan dilaksanakan dengan lomba yang pertama yaitu Lomba Dinamika Regu. Dalam lomba ini peserta dituntut untuk menampilkan yel-yel menarik hasil dari kreasi seluruh anggota regu. Lomba yel-yel sendiri mengajarkan kepada peserta didik agar ampu bekerjasama dalam kelompok dengan menilai sejauh mana peserta memiliki nilai gesit, keceriaan, kekompakan, kedisiplinan, kerjasama, percaya diri dan manajerial dalam sebuah kelompok/regu. Lebih jauh lagi, kegiatan ini melatih peserta untuk bisa menjadi pemimpin yang mampu mengorganisasikan sebuah persoalan sehingga muncul sebuah solusi bersama yang dilaksanakan secara bersama-sama dengan kompak.

Kegiatan LT III diikuti oleh 270 peserta dari 14 kecamatan yang hadir. Kontingen yang menjadi juara pada lomba ini akan menjadi utusan kwarcab Sumbawa pada lomba tingkat IV yang dilaksanakan di mataram/tingkat provinsi NTB bulan mendatang. Untuk itu, persaingan pada kegiatan LT III ini sangat ketat karena masaing-masing kontingen telah mempersiapkan pesertanya dengan sangat baik. (jul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar