Jumat, 02 April 2010

PETANI MOYO HILIR RESAH


PENYAKIT BERPESTA
PETANI RESAH ….


Musim tanam telah berlalu, petani pun bersorak dengan begitu gembira, karena membayangkan hasil yang akan dicapai empat bulan ke depan, yaitu pada masa panen. Namun berbeda antara harapan dengan kenyataan yang dialami oleh para petani di wilayah Kecamatan Moyo Hilir, khusunya wilayah Orong Masin Desa Moyo Mekar.
Orong masin yang luasnya 325 Ha pada tahun-tahun sebelumnya mampu menghasilkan padi lebih kurang 100 ton musim panen, kini terancam gagal panen.

Para petani bingung dan resah menghadapi penyakit yang menyerang tanaman padi mereka. Seminggu setelah musim tanam berlalu, padi mereka tumbuh sangat baik, namun menjelang usia satu bulan tanam, padi mereka menjadi merah dan kering, salah satu penyebabnya adalah curah hujan yang tidak menentu, sehingga padi mudah terserang penyakit.

Menurut salah seorang petani yang mengerti tentang penyakit padi, (A. Rahman, S.Pd) mengatakan “Padi-padi di wilayah Orong Masin terkena penyakit, yaitu terdapat bercak merah sehingga daun menjadi kering, kemudian pertumbuhannya menurun dan pada akhirnya padi akan mati, penyakit semacam ini disebabkan oleh jamur Cercospora SP”.

Keresahan masyarakat di wilayah ini telah diadukan ke dinas pertanian wilayah setempat, namun para petani hanya disarankan untuk membeli obat hama di toko-toko penjual obat untuk tanaman padi. Penanganan semacam ini dirasakan sangat kurang oleh para petani,

Para petani sangat mengharapkan bantuan berupa pestisida ataupun pupuk dari pemerintah seperti tahun-tahun sebelumnya, yang disalurkan melalui Kelompok Tani. Namun tahun ini, bantuan tersebut tidak lagi diterima oleh petani. Hal itu menambah keresahan dari para petani, karena bertani merupakan mata pencaharian utama dari Masyarakat Moyo Mekar.

1 komentar:

  1. pemerintah indonesia kehabisan stok, karena pupuk urea laku dengan harga yg mahal di malaysia, peteni perladanga swasta di malaysia sanggup membayar dngn harga tinggi karena pentingnya urea bagi industri/pertanian kelapa sawit di malaysia...

    BalasHapus