Jumat, 02 April 2010

OLIMPIADE MATEMATIKA SD SE-KABUPATEN SUMBAWA


NANDIKA STKIP HAMZANWADI SELONG KAMPUS SUMBAWA

Mahasiswa merupakan patner pemerintah dalam mewujudkan program kerja yang direncanakan sesuai dengan kaidah yang berlaku dan merupakan agen of change (agen perubahan) untuk meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM) baik ditingkat Provinsi, Daerah, maupun di pelosok-pelosok Desa.

Mahasiswa STKIP Hamzanwadi Selong Kampus Sumbawa yaitu Himpunan Mahasiswa Prodi Matematika (NANDIKA) tak mau kalah untuk ikut ambil bagian dalam mencerdaskan masyarakat atau kader-kader bangsa dengan mengadakan Olimpiade Matematika Tingkat SD Se-Kabupaten Sumbawa yang dilaksanakan di Kampus STKIP Hamzanwadi Selong Kampus Sumbawa pada hari Minggu 28 Maret 2010.
”Kami sangat bersyukur bahwa minat dan antusiasme dari para peserta yang didorong oleh pihak sekolah dan orang tua sangat tinggi”, Ujar IRVAN MAULANA, selaku ketua panitia. Ini dibuktikan dengan peserta yang berpartisipasi sebanyak 92 orang dari masing-masing sekolah yang tersebar di kabupaten Sumbawa. Kegiatan ini di buka langsung oleh Bapak AHMAD YAMIN, SH,MH selaku Deputi III Bidang Kemahasiswaan. pada pukul 08.30 Wita dan dilanjutkan dengan pelaksanaan olimpiade pada pukul 09.00 s/d 11.00 Wita.

Untuk menciptakan persaingan yang sehat dan jujur, panitia menetapkan peraturan bahwa guru pendamping tidak boleh mendekati peserta didik. Dan bagi peserta yang kedapatan menyontek atau bekerja sama, pihak panitia akan bertindak tegas dengan mendiskualifikasikan peserta yang berlaku curang. Hal ini mendapat sambutan baik dari seluruh peserta maupun pendamping, karena pihak panitia betul-betul sportif dalam perlombaan.

Pihak panitia mendisain kegiatan ini dengan mengadakan 2 tahap penyeleksian yaitu pada tahap pertama seleksi untuk mendapatkan 20 besar dan seleksi kedua untuk mendapatkan 6 besar. Tahap demi tahap telah dilalui dan akhirnya panitia memutuskan hasil olimpiade dengan para pemenang sebagai berikut; untuk juara I diraih oleh ANGGUN MEILINDA ALIF FATALI dari SDN 1 Moyo Hilir, FAHMIL HAMDI dari SDN 2 Maronge meraih juara II dan Juara III Oleh RIZAL RIZKI ILLAHI dari SDN 16 Sumbawa.

Pada laporan akhir Irvan Maulana (ketua panitia) menuturkan “ kami mempunyai banyak kendala dalam hal pendanaan dan pelaksanaan, tapi bersyukur kami bisa melaksanakan kegiatan dengan begitu baik dan sukses dengan dukungan dari pihak kampus, para donator dan swadaya dari panitia..
”Tuturnya lagi kami selaku calon pendidik dan pengajar ingin mambantu pemerintah menciptakan penyetaraan pola pendidikan dan tenaga pendidik di tanah samawa ini”.

Koordinator kampus bapak Dr. IWAN JAZADI, S.Pd., M.Ed yang secara langsung menyerahkan hadiah kepada para juara, dan sekaligus menutup secara resmi kegiatan tersebut, mengatakan ”kegiatan ini merupakan program tahunan dari STKIP Hamzanwadi Selong Kampus Sumbawa, yang bertujuan sebagai penyeimbang dari program pemerintah dalam penyediaan tenaga pengajar dan pendidik yang handal di Kabupaten Sumbawa”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar