Sabtu, 25 Agustus 2012

“BIO GAS” MENJADI PILIHAN WARGA




SULITNYA MENDAPATKAN MINYAK TANAH, WARGA BERALIH KE BIO GAS

Moyo Hilir (25/8) Bertempat di Dusun Karang Orong Desa Moyo Kecamatan Moyo Hilir kini telah dikembangkan pemanfaatan bio gas oleh warga setempat. Berawal dari sulitnya mendapatkan minyak tanah di wilayah ini, 3 kepala keluarga berinisiatif mengunakan energi alternatif (bio gas) sebagai pengganti bahan bakar minyak di dapur.  Ide yang muncul dari 3 warga desa ini yang secara kebetulan bertetangga akhirnya menjadi sorotan warga desa.  

Bapak Muhammad Ali (68Th) salah satunya mengatakan bahwa "saya mengunakan bio gas, berawal dari sulitnya mendapatkan minyak  tanah serta termotivasi dari pelatihan yang saya ikuti, dengan mengunakan energi bio gas kami cukup terbantu mengurangi belanja untuk keperluan dapur". Menurut pak Ali, dia bersama 3 warga lainnya telah memanfaatkan energi bio gas ini sejak satu bulan yang lalu menjelang masuknya bulan ramadhan.

Jika melihat kondisi di sekitar pemukiman warga, bahan baku dari bio gas sendiri sangatlah mudah ditemukan, sebab bahan bakunya mengunakan kotoran sapi apalagi warga di sini pada umumnya berprofesi sebagai petani dan peternak sapi/kerbau. Sehingga dalam jangka panjang program bumi sejuta sapi yang dicanangkan oleh pemerintah akan berkembang jika terus disinergikan dengan pemanfaatan limbah hewan menjadi bio gas.Gempar-Sumbawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar