Rabu, 08 Agustus 2012

"BAGUBA" NGABUBURITNYA TAU SAMAWA


Satu lagi peninggalan para pendahulu kita dalam memeriahkan bulan ramadhan yaitu ngabuburit dengan cara Baguba. Baguba dalam bahasa sumbawa berasal dari kata Guba' yang artinya pukul dengan keras dan bisa juga bermakna menghajar. Baguba lebih dispesifikkan kepada kebiasaan masyarakat memukul beduk secara bersama-sama menjelang waktu berbuka puasa tiba. Pada umumnya, Baguba tidak dilakukan oleh satu orang namun dilakukan oleh 2 sampai 3 orang dengan irama-irama yang bervariasi. 

Dikalangan masyarakat sumbawa, kebiasaan baguba menjadi tradisi yang cukup lestari sampai sekarang. Hampir diseluruh masjid pada sore harinya terutama menjelang waktu berbuka puasa, para penabuh bedug silih berganti membunyikan beduk dengan irama yang cukup apik dan enak di dengar. Tidak hanya marbot atau lebai masjid yang pandai membunyikannya tetapi masyarakat umum pun cukup mahir maminkan irama yang beragam pula. Bahkan anak-anak tidak kalah jagonya dalam memainkan irama baguba tersebut.

Di Kecamatan Moyo Hilir khususnya, irama baguba yang terdapat di masing-masing desa nampak sekali perbedaannya. Bukan hanya irama, namun playernya pun berbeda pula. ada yang dimainkan oleh dua orang ada juga yang dimainkan oleh tiga orang tergantung besar beduk dan irama yang dimainkan. Perbedaan yang lain juga terdapat pada waktu membunyikannya. Ada yang hanya membunyikannya pada saat menjelang berbuka puasa saja, ada pula yang membunyikannya pada saat menjelang makan sahur atau pada tengah malam sehabis tadarusan di masjid.

Berbicara panjang lebar, Tahukan anda apa itu ngabuburit dan berasal dari bahasa mana?
Ya,,, beberapa orang sempat tertawa ketika mendengar kata ngabuburit. Karena dalam bahasa sumbawa sendiri, burit berarti sedikit porno yaitu pantat. Namun kata ngabuburit sebenarnya berasal dari bahasa sunda yang artinya sore. Dan ngabuburit artinya menghabiskan waktu hingga menjelang waktu Adzan Maghrib datang, ringkasnya menunggu saat berbuka puasa. 

Nah,,, Sembari menanti waktu berbuka puasa ternyata baguba menjadi salah satu pilihan ngabuburit yang asyik dan menarik. Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar