Rabu, 25 April 2012

BIMTEK INTERNET SEHAT DAN AMAN ( INSAN ) DI SUMBAWA

PENYEBARLUASAN INFORMASI DAN PENGENALAN ICT KEPADA PELAJAR


Penyebarluasan informasi dan pengenalan Teknologi Komunikasi dan Informasi (ICT) kepada pelajar menjadi salah satu program dari pemerintah provinsi NTB melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo). Sebagai wujud dari program tersebut, Dishubkominfo bersama Komunitas Kampung Media turun ke sekolah-sekolah untuk melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek/ceramah) ke sekolah-sekolah setingkat SMA/SMK yang berada di sepuluh kabupaten kota se-NTB dengan porsi masing-masing kabupaten/kota tiga sekolah yang dikunjungi. 

Kegiatan Bimtek yang dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa pada hari Rabu, 25 April 2012 bertempat di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sumbawa dihadiri oleh siswa dan guru SMK Islam Gunung Galesa Moyo Hilir, dan SMA Negeri 1 Moyo Utara dengan jumlah peserta 100 orang. Sebagai pemateri pada bimtek ini, hadir pula dari Dishubkominfo kabupaten sumbawa Bapak Mirajuddin, ST, dari Koordinator kampung media NTB Bapak Fairuz Abadi, SH dan dari Telkomsel Mataram bapak Wiboko. Pada kegiatan ini Dishubkominfo juga menyerahkan bantuan modem dan mobile router kepada masing-masing sekolah peserta bimtek.

Kegiatan Bimtek yang mengambil tema Internet Sehat dan Aman sesungguhnya dihajatkan untuk mendorong dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi informasi ke arah yang lebih baik dan sehat (sehat dan aman). Bukan sebaliknya, media internet malah digunakan untuk hal-hal yang tidak baik bahkan melanggar nilai-nilai sosial, agama bahkan melanggar hukum. Seperti yang katakan oleh Bapak Mirajuddin, ST "bahwa baik atau buruknya akibat dari pemanfaatan internet tergantung dari pribadi masing-masing. Karena sekuat apapun server atau perangkat yang digunakan untuk menangkal hal-hal buruk di internet menjadi sia-sia jikalau dari pribadi kita sendiri tidak menolak hal buruk tersebut". Beliau juga memberikan beberapa contoh kepada peserta bimtek tentang pemanfaatan internet ke arah yang baik seperti yang dilakukan oleh Norman Kamaru, Sinta Jojo dan lain-lain yang hasilnya positif dan memberikan manfaat kepada mereka sendiri dan orang lain. 

Senada dengan apa yang disampaikan di atas, Koordinator Kampung media NTB Bapak Fairuz Abadi, SH juga memberikan pencerahan kepada peserta bimtek bahwa sesungguhnya penguatan dari dalam diri adalah hal yang utama dalam menerima pengaruh internet. Beliau mengatakan "Orang tua/guru tidak mesti takut dengan yang namanya internet karena sesungguhnya internet itu baik dan bermanfaat. Dia akan menjadi tidak baik ketika dimanfaatkan oleh orang yang tidak baik sehingga menghasilkan hal-hal yang tidak baik pula".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar