Kamis, 12 April 2012

38 PAKET PNPM-PISEW UNTUK MOYO HILIR


PENGUMUMAN LKD PELAKSANA PNPM PISEW TAHUN 2012 DI MOYO HILIR


Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM-Pisew) yang dihajatkan oleh pemerintah untuk memberdayakan masyarakat yang ada di pedesaan/desa telah memasuki tahun ke-4. Terlebih lagi keberadaan program ini di kecamatan moyo hilir telah membantu terbangunnya beberapa infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat seperti saluran drainase, jalan usaha tani dan lain sebagainya. Program yang dananya langsung dikucurkan oleh pemerintah kepada pelaksana desa yaitu Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) juga telah membantu terciptanya lapangan kerja bagi penduduk yang ada di wilayah tersebut. Sehingga melalui program ini, masyarakat mendapatkan dua keuntungan yaitu keuntungan secara ekonomi (terbukanya lapangan kerja) dan keuntungan terhadap ketersediaanya sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan masyarakat diwilayah tersebut. Dengan pemberdayaan seperti ini pula, kwalitas/hasil dari pembangunan infrastruktur (saluran drainase, jalan usaha tani dll) tentu lebih baik daripada dilaksanakan oleh CV atau kontraktor. Karena yang melaksanakan pekerjaan adalah masyarakat, manfaatnya untuk masyarakat dan pengawasannya pun dilakukan oleh masyarakat sendiri.

Moyo Hilir, kamis (12/4) bertempat di kantor camat Moyo Hilir hadir seluruh kepada desa bersama seluruh LKD yang ada di kecamatan moyo hilir untuk mendengarkan pengumuman hasil seleksi penerima paket PNPM-Pisew tahun 2012. Dari 52 LKD yang mengusulkan paket, hari ini diumumkan 38 LKD yang mendapatkan paket PNPM Pisew Tahun 2012. Penentuan LKD yang mendapatkan paket tahun ini dilaksanakan melalui seleksi yang cukup ketat dengan mempertimbangkan criteria yang telah disepakati bersama oleh tim di kecamatan. Dalam sambutannya pada pembukaan acara ini, bapak Abu Bakar, SH selaku camat Moyo Hilir mengharapkan kepada seluruh peserta rapat agar menerima hasil seleksi ini dengan penuh pengertian. Karena jumlah LKD yang mengusulkan paket lebih banyak dari jumlah paket menjadi jatah untuk kecamatan moyo hilir. Namun, beliau tetap memberikan semangat agar LKD yang tidak mendapatkan paket tahun ini tidak berkecil hati dan memaklumi bahwa sebenarnya program ini adalah milik kita bersama.

Dalam ulasannya sebelum hasil seleksi diumumkan, bapak camat mengharapkan agar program PNPM –Pisew ini dapat dilebarkan lagi kepada sector-sektor lain yang memang dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Sehingga PNPM-Pisew tidak hanya berkutat pada pembangunan jalan usaha tani dan pembuatan saluran drainase saja seperti kebanyakan paket yang diusulkan oleh desa. Padahal program ini bisa dimanfaatkan untuk bidang kesehatan dan pendidikan atau bidang-bidang lain yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
Gempar-Sumbawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar