Senin, 15 November 2010

TALK SHOW “REFLEKSI PELAKSANAAN BOS KABUPETEN SUMBAWA”




Senin, 15 Nopember 2010 di Kantor Bupati tepatnya di ruang rapat lantai 1, Sumbawa TV yang bekerja sama dengan DIKNAS Kabupaten Sumbawa mengadakan kegiatan TALK SHOW yang bertajuk “REFLEKSI PELAKSANAAN BOS KABUPATEN SUMBAWA”. Sebagai nara sumber berasal dari KADIS DIKNAS KAB.SUMBAWA, SAMBIRANG S.Pd (Komisi IV DPRD Sumawa ), Ketua PGRI Sumbawa dan perwakilan Komite Sekolah ( SDN 2 Sumbawa ). Sementara audiennya berasal dari Praktisi pendidikan, Mahasiswa, LSM, ORMAS, Parpol dan pihak yang peduli dengan pendidikan.
Walaupun kegiatan ini yang molor 2 jam lebih dari yang direncanakan tetapi tidak mengurangi hasil dan manfaatnya. Lagu yang berjudul Wajib belajar yang dibawah oleh anak SD Bukit Permai Sumbawa sebagai pembukanya. Dalam sambuatannya Kadis Diknas Kabupaten Sumbawa mengungkapkan “Penggunaan dana BOS ini perlu adanya pengawasan eksternal maupun internal sehingga meminimalisir terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan dana BOS.” Ungkapnya lagi”Dana BOS ini harus betul-betul diperuntukkan untuk siswa sehingga tidak ada lagi anak-anak kita yang putus sekolah di usia dini.”
Selain itu, Selaku perwakilan dari anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, bapak Sambirang S.Pd menambah “ kita ketahui bersama bahwa dana BOS itu sangat minim dan belum tentu bisa mencukupi untuk itu kami dari Pemerintah sudah merencanakan adanya dana tambahan yang berasal dari anggaran APBD yaitu BOSDA ( BOS Daerah ), sehingga dengan adanya dana tambahan ini bisa membantu SD/MI dan SMP/MTS baik Negeri maupun Swasta di Kabupaten Sumbawa. Ditambahnya lagi “ pada tahun 2011 kami berencana akan menganggarkan ada dana tambahan bagi daerah – daerah terpencil”.
Kegiatan ini sangan menarik dengan adanya berbagai tanggapan dan saran dari para audien yang ditujukan kepada nara sumber. Sebagian besar audien lebih menyoroti problema di sekolah yang masih adanya pungutan, masih kurangnya pengawasan, kurangnya sosialisasi dalam penggunaan dana BOS. Audien sangat mengapresiasikan rencana para nara sumber selaku penentu kebijakan.
Sebagai pengantar terakhir atau penutup KADIS DIKNAS KAB. SUMBAWA berharap bahwa perlu adanya transparansi dari pihak sekolah dan komite dalam pelaksanaan dana BOS, perlu di tunjuk petugas khusus sebagai bendahara BOS supaya tidak ada rangkap jabatan sehigga kinerja dan pelaksanaan tugasnya lebih fokus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar