Senin, 15 November 2010

SUARA UNTUK BAPAK GUBERNUR NTB MOHON BANTUAN RUANG KELAS BARU UNTUK SMK ISLAM GUNUNG GALESA MOYO

SMK ISLAM GUNUNG GALESA MOYO, adalah sebuah lembaga pendidikan yang berdiri dua tahun yang lalu di desa Moyo Mekar Kecamatan Moyo Hilir. Lembaga pendidikan ini mengusung visi dan misi menciptakan peserta didik yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa secara tangguh, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
Untuk melaksanakan visi dan misinya lembaga pendidikan ini memilih untuk mengembangkan pendidikan berbasis kejururuan. Jenis pendidikan ini dirancang untuk menciptakan peserta didik yang tidak gagap teknologi, sehingga diharapkan memiliki ketangguhan dalam menjaga keberlangsungan hidupnya di tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat.
Jenis pendidikan kejuruan sangat berbeda bila dibandingkan dengan pendidikan umum. Dimana dalam pendidikan umum tidak memiiki spesifikasi atau jurusan. Sedangkan pendidikan kejuruan memiliki spesifikasi, dimana program studi yang dikembangkan di lembaga ini adalah teknik computer dan informatika. Sehingga diharapkan ketika mereka menamatkan sekolah, mereka memiliki keterampilan khusus yang memudahkan mereka dalam memperoleh pekerjaan atau mmenciptakan lapangan pekerjaan sendiri.
Oleh karena itu SMK ISLAM GUNUNG GALESA MOYO, adalah sebuah lembaga pendidikan yang memiliki visi dan misi ke depan dalam ikut membangun pendidikan di kabupaten Sumbawa khusunya dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya. Oleh karena itu dukungan semua pihak sangat diharapkan dalam upaya membangun lembaga pendidikan ini menjadi lembaga pendidikan unggul. Apalagi dengan usianya yang masih berumur dua tahun maka keterlibatan stake holder dan pemangku kekuasaan sangat diharapkan untuk membantu pengembangan lembaga pendidikan ini.


PROPOSAL
Program Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB)
Tahun Anggaran 2010-2011



YAYASAN PONDOK PESANTREN GUNUNG GALESA
SMK ISLAM GUNUNG GALESA MOYO
Jalan Pendidikan No. I/5, Moyo
Telp./ 085239757677/NO Rekening: PT.BANK NTB CAB.SUMBAWA 004.22.24003.01-4



LEMBAR PENGESAHAN

Proposal Program Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dalam Rangka Menindaklanjuti Kebijakan Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia untuk Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
Melalui Penambahan Lokal Ruang Kelas Baru
pada SMK Islam Gunung Galesa Moyo

29 Juni 2010

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Nasional
Kabupaten Sumbawa Kepala SMK Islam Gunung Galesa Moyo
Drs. Umar Idris
Pembina Utama IV/b
NIP 19571122 198303 1 014 H. Boya Abdullah, SH.


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, dan dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah, kami dapat menyelesaikan penyusunan Proposal Program Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) dari dana bantuan Pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara. Penyusunan proposal ini dilakukan bersama-sama dengan Komite SMK Islam Gunung Galesa serta Tim Guru.
Penyusunan proposal tersebut mengacu pada sistematika penyusunan proposal Program Program Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan SMK Ditjen Mandikdasmen, Depdiknas Tahun Anggaran 2010. Penyusunan proposal ini merupakan hal yang pertama kali dilakukan sepenuhnya oleh pihak sekolah bersama Komite Sekolah dan merupakan aktualisasi pengembangan kemampuan profesional tim penyusun dalam mengembangkan sistematika penyusunan proposal.
Besar harapan kami dari SMK Islam Gunung Galesa Moyo agar kiranya proposal ini dapat dilihat dan dipertimbangkan.
Dan atas kerjasama yang baik, kami dari pihak SMK Islam Gunung Galesa Moyo mengucapkan terima kasih.


DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan dan Sasaran 1
BAB II KOMPETENSI KEAHLIAN DAN DATA SISWA 2
A. Kompetensi Keahlian yang Dibuka 2
B. Kompetensi Keahlian yang akan Dikembangkan 2
C. Data siswa dan Data Penerimaan siswa 2
BAB III PROGRAM PENGEMBANGAN SARANA 3
A. Kebutuhan Ruang Kelas 3
B. Rencana Pemenuhan Ruang Kelas SMK Islam Gunung Galesa 3
C. Ketersediaan dan Status Kepemilikan Lahan 3
BAB IV PENDANAAN 4
BAB V PENUTUP 5


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Peningkatan Sumber Daya Manusia terutama di Bidang Pendidikan Kejuruan di Indonesia tidak akan tercapai jika kebutuhan utama untuk penambahan pengadaan Ruang Kelas Baru masih belum memadai. Oleh k
Karena itu, kebutuhan yang diperlukan demi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia di bidang pendidikan kejuruan adalah dengan diadakannya Program Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB). Pada dasarnya, setiap sekolah sudah berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut bersama Komite Sekolah dan Pemerintah Daerah, namun karena keterbatasan kemampuan, belum semuanya bisa dipenuhi sesuai tuntutan.
Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan Tahun 2010 akan memberikan bantuan dalam memenuhi kebutuhan kegiatan untuk Program Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) di sekolah kejuruan melalui Program Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru. Program ini dimaksudkan agar sekolah bisa melengkapi kebutuhan untuk melaksanakan aktifitas/ kegiatan pembelajaran.
Dengan adanya subsidi Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), SMK Islam Gunung Galesa Moyo dapat memenuhi kebutuhan ruang untuk kegiatan Proses Belajar Mengajar yang selama ini jumlahnya belum bisa semuanya terpenuhi, sehingga SMK Islam Gunung Galesa Moyo dapat melangsungkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan baik dan lancar.
B. Tujuan dan Sasaran
Adapun tujuan dari Program Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) adalah untuk meningkatkan pelayanan Proses Belajar Mengajar pada SMK Islam Gunung Galesa. Moyo. Sedangkan sasaran yang ditujukan adalah siswa SMK Islam Gunung Galesa Moyo untuk semua Program Studi Keahlian.

BAB II
KOMPETENSI KEAHLIAN DAN DATA SISWA
A. Kompetensi Keahlian yang Dibuka
Hingga dengan saat ini, baru ada 1 kompetensi keahlian yang dibuka, yaitu Rekayasa Perangkat Lunak, Program Studi Keahlian Teknik Informasi dan Komputer. Rekayasa Perangkat Lunak memiliki tujuan untuk mencapai pemenuhan pengembangan pembelajaran dan peningkatan kreatifitas praktik siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum.
B. Kompetensi Keahlian yang akan Dikembangkan
Kompetensi keahlian yang akan dikembangkan pada SMK Islam Gunung Galesa Moyo adalah Rekayasa Perangkat Lunak.
C. Data siswa dan Data Penerimaan siswa
Data siswa sampai dengan 29 Juni 2010 adalah sejumlah 63 orang siswa, terdiri atas 35 orang laki-laki dan 28 orang perempuan.

BAB III
PROGRAM PENGEMBANGAN SARANA
A. Kebutuhan Ruang Kelas
Sampai dengan saat ini, SMK Islam Gunung Galesa Moyo masih menggunakan ruang kelas Mts Islamiyah Gunung Galesa. Sehingga pemenuhan kebutuhuan ruangan kelas adalah merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan.Secra keseluruhan SMK Islam Gunung Galesa membutuhkan 21 ruangan.
B. Ketersediaan dan Status Kepemilikan Lahan
Ketersediaan lahan untuk pembangunan Ruang Kelas Baru sudah disiapkan di dalam lokasi SMK Islam Gunung Galesa, dan status kepemilikan lahan adalah milik sendiri.

BAB IV
PENDANAAN
Rencana pembiayaan pengadaan Ruang Kelas Baru sejumlah 3 ruang secara keseluruhan adalah berasal dari sumber pembiayaan APBN. Adapun besar dana bantuan APBN untuk 1 ruang adalah sebesar Rp. 105.000.000,- (seratus lima juta rupiah). Sehingga total biaya untuk tiga ruangan adalah sebesar Rp.315.000.000.

BAB V
PENUTUP
Demikian Program Bantuan Pembangunan Ruang Kelas Baru sejumlah 3 ruang ini disampaikan, dengan harapan bahwa rencana program yang kami susun dapat disetujui, sehingga kegiatan pelayanan Proses Belajar Mengajar pada SMK Islam Gunung Galesa Moyo berjalan dengan baik dan lancar.

15 Nopember 2010


Kepala SMK Islam Gunung Galesa
H. Boya Abdullah, SH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar