Rabu, 02 November 2011

KAMPUNG MEDIA DIBENTUK LAGI


PEMBENTUKAN KAMPUNG MEDIA BARU
DI KABUPATEN SUMBAWA

Pembentukan Kampung Media Digital (KMD) baru merupakan Implementasi dari salah satu program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2008-2013. Program ini selaras dengan kebutuhanan dan antusiasme masyarakat yang mulai melek dengan informasi. Keberadaan kampung media yang sudah terbentuk selama ini, telah memotifasi masyarakat untuk turut serta berpartisipasi membangun NTB ke arah yang lebih baik. Salah satunya melalui penyebaran informasi lewat media internet yang diusung oleh komunitasi kampung media digital.

Sejalan dengan itu, pemerataan informasi ke seluruh pelosok NTB akan dapat terealisasi bila disetiap kecamatan telah hadir KMD. Ini juga menjadi program dari Dishubkominfo NTB yang menghajatkan terbentuknya 50 KMD sampai tahun 2013 dan pembentukannya dilakukan secara bertahap di sepuluh kabupaten kota se-NTB.

Rabu (2/11/2011) kembali Dishubkominfo NTB meresmikan 2 kampung media di dua Kecamatan se-Kabupaten Sumbawa. Dua Kecamatan tersebut adalah kecamatan Alas dan Kecamatan Moyo Hulu. Kampung media yang baru terbentuk ini, bernama RAMPAK NULANG dari Kecamatan Moyo Hulu dan TERATAI dari Kecamatan Alas. Acara peresmian yang dilaksanakan di balai pertemuan Desa Semamung Kecamatan Moyo Hulu, selain dihadiri oleh tim Dishubkominfo Propinsi NTB dan Dishubkominfo Kabupaten Sumbawa, juga dihadiri oleh tiga kampung media digital yang sebelumnya sudah terbentuk pada tahun 2009 dan 2010.

Dalam penjelasan yang disampaikan oleh bapak Fairuz Abadi, SH selaku ketua tim Dishubkominfo NTB sekaligus penanggungjawab kampung media, berharap agar keberadaan kampung media ini selain membantu penyebarluasan informasi masyarakat di kampung kepada khalayak, juga keberadaannya bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi dari media ini, sehingga akan memberikan energi-energi positif kepada masyarakat. “Karena sesungguhnya keberadaan kampung media adalah media dakwah melalui media yang canggih (internet)” tambahnya.

Mendapatkan penjelasan yang runtun dan jelas seperti itu, Deni Iskandar warga desa Olat Rawa Kecamatan Moyo Hilir yang hadir pada acara peresmian tersebut, merasa sangat antusias dan yakin untuk ambil bagian dalam komunitas ini. Tambahnya “melalui kampung media ini nantinya, saya berharap bisa menambah pengetahuan baru tentang dunia jurnalistik dan teknologi yang selama ini kurang saya pahami, selain itu begitu banyak hal yang ingin saya sampaikan tentang keadaan masyarakat di kampung saya yang nantinya bisa terfasilitasi melalui pemberitaan di media ini”.

Hal senada juga disampaikan oleh tuan rumah dari kampung media Rampak Nulang Kecamatan Moyo Hulu, yang disampaikan oleh bapak M. Zain Yasin MT. Beliau memberikan apresiasi atas terbentuknya kampung media di wilayahnya dan berharap agar kampung media ini nantinya bisa bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang sudah ada diwilayahnya kemudian segala bentuk kegiatannya bisa terpublikasi melalui media ini sehingga di ketahui oleh orang diluar Kecamatan Moyo Hulu itu sendiri.

Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan penyerahan seritifikat kepada dua kampung media baru oleh bapak Mirajuddin, ST dari Dishubkominfo Kabupaten Sumbawa. Dengan demikian, sudah ada lima kampung media di kabupaten sumbawa yang sudah terbentuk sampai tahun 2011 ini. (Jul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar