Jumat, 04 November 2011

SEKILAS KEGIATAN KELOMPOK II

MAHASISWA PPL - KKL STKIP HAMZANWADI SELONG

DI DESA MOYO MEKAR

Kamis (4/11/2011) bertempat di masjid besar Syamsul Falah Kecamatan Moyo Hilir. Merdu nian terdengar suara anak-anak kecil yang mengumandangkan adzan, silih berganti suara adzan terdengar membuat kami terheran dengan hal itu, bukan adzan untuk solat isya, karena adzan ini pun terdengar setelah orang selesai melaksanakan shalat isya’. Ternyata, anak-anak ini sedang berlomba mengumandangkan adzan.

Kami pun tertarik untuk mencari tahu lebih tentang apa yang terjadi. Dari apa yang kami dapatkan, ternyata sedang berkumpul beberapa anak muda yang memakai almamater merah daging sedang sibuk mengatur kegiatan perlombaan. Tidak lain dan tidak bukan mereka adalah mahasiswa PPL KKL STKIP Hamzanwadi Selong Kampus Sumbawa yang sedang melaksanakan program kerja mereka.

Abdul Muis, selaku ketua kelompok II PPL KKL yang kami temui mengatakan, “kegiatan yang sedang berlangsung ini merupakan rangkaian dari program kerja kelompok kami yang sudah kami laksanakan sejak dua hari yang lalu. Selain lomba adzan bagi anak SD/MI dan SMP/MTs, diwaktu sebelumnya juga telah kami laksanakan lomba bacaan shalat jenazah, lomba kaligrafi dan lomba hafalan ayat-ayat pendek. Kegiatan ini selain bertujuan untuk menyambut hari raya Idul Adha, kegiatan ini diharapkan sebagai wahana mempertahankan nilai-nilai luhur yang ditinggalkan oleh para orang tua kita agar tetap lestari dan luhur karena dapat diteruskan kepada generasi muda (anak-anak)” dimasa sekarang, tambahnya.

Sejak tanggal 19/9/2011, ditengah-tengah berkembangnya wacana perubahan status STKIP Hamzanwadi Selong Kampus Sumbawa menjadi Universitas Paracendikia. mereka melaksanakan tugas akhir mereka sebagai seorang mahasiswa di desa Moyo Mekar, program-program yang dilaksanakan diantaranya; Keaksaraan Fungsional (KF), Penghijauan, yasinan setiap malam jum’at, kegiatan jum’at bersih dan les privat bagi siswa SMA/MAN. Kegiatan-kegiatan ini secara kontinyu dilaksanakan sampai berakhirnya masa PPL KKL tanggal 19/12/2011 mendatang.

Mahasiswa PPL KKL kelompok II, berjumlah 9 orang terdiri dari 4 perempuan dan 5 laki-laki dari masing masing program studi (prodi). Prodi dimaksud antara lain prodi sejarah, matematika, Biologi, sosiologi, bimbingan dan konseling (BK) dan Bahasa Indonesia. Sementara prodi ekonomi, bahasa inggris, geografi dan PAI yang tidak bergabung dengan kelompok II ini.

Burhanuddin, ketua remaja masjid besar Syamsul Falah Desa Moyo Mekar, mengatakan “Sambutan masyarakat terhadap program-program mahasiswa PPL KKl kelompok II, sangat baik. terlihat dengan didukungnya semua program-program yang kami rencanakan bersama antara mahasiswa PPL KKL dengan remaja masjid yang diikuti dengan semangat dan antusisas yang tinggi. Hal ini membuat kami menjadi semangat untuk menyelesaikan segala bentuk program kami. Apalagi sekarang telah dilaksanakan pemugaran atap masjid kami, mahasiswa PPL KKL sangat membantu kami dalam pelaksanaannya”. Ke depan kami berharap, agar mahasiswa PPL KKL dari STKIP Hamzanwadi tetap di ada dan dilibatkan di desa kami. Kata burhanuddin.

Demikian kunjungan singkat kami.(jul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar