Jumat, 19 Juli 2013

Kelompok “Mampis Rungan” Meringankan Ekonomi Keluarga BMI


Kadisnakertrans Provinsi Ir. H. Mokhlis, M.Si. saat mencicipi Jajan hasil usaha Kelompok.Secara umum ruang lingkup kegiatan usaha koperasi simpan pinjam adalah penghimpunan dan penyaluran dana yang berbetuk penyaluran pinjaman dari dan untuk anggota. Pada perkembanganya memang koperasi simpan pinjam melayani tidak saja anggota tetapi juga masyarakat luas.Begitu pula yang terjadi pada kelompok usaha simpan pinjam “Mampis Rungan” Desa Moyo Mekar kecamatan Moyo Hilir. Usaha yang baru saja dirintis dalam waktu satu bulan yang lalu ini sudah mampu memberikan pinjaman kepada 10 orang nasabah dengan bunga yang relatif rendah yakni 20% dengan tempo waktu 6 bulan yang jika dihitung per bulannya hanya berkisar 3,3%. Sejauh ini memang yang diboleh mengambil pinjaman hanya sebatas anggota saja, namun tidak menutup kemungkinan pada saatnya nanti kelompok usaha ini akan mencoba melebarkan sayap untuk dapat melayani masyarakat luas pada umumnya.
Selain usaha simpan pinjam, kelompok ini juga menjalankan usaha lain yakni usaha katering dan usaha tenun (kere sesek), Kelompok usaha ini sudah berjalan sejak setahun yang lalu dan sejauh ini peralatan masak yang dimiliki sudah lengkap yang kesemuanya merupakan hasil dari usaha tersebut. Kelompok usaha katering  menjadi salah satu katering yang merupakan tujuan utama pemesanan oleh masyarakat karena memang rasanya yang tidak diragukan lagi, dan harganya yang juga relatif murah. Dan jenis makanan yang ditawarkan oleh kelompok  ini cukup bervariatif mulai dari kue kering, camilan, cake, bolu, bahkan sampai pemesanan nasi bungkus.

Koordinator Program Ahmad Junaidi, SH. saat kunjungan ke melihat kegiatan usaha Kelompok Tenun tradisional Moyo Mekar“Kelompok yang beranggotakan mantan buruh migran, yang kesemuanya adalah perempuan, telah dapat memberikan manfaat kepada anggotanya misalnya, untuk membeli kebutuhan sehari-hari, sekarang sudah tidak repot lagi mikirin uang”, demikian diungkapkan Sardianti (32) yang juga salah seorang anggota kelompok. Dan pernyataan senada juga diungkapkan oleh anggota yang lain yakni Wahidah (33), “kalau saja dari dulu saya usaha begini, ngapain capek-capek ke saudi…”.
Nah, bagi pembaca yang ingin mencicipi masakan dari katering “Mampis Rungan”, datang saja ke alamat kami, Rt 07/Rw 03 Desa  Moyo Mekar   Kecamatan  Moyo Hilir.
                                                                                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar