Kamis, 22 September 2011

PEKAN BUDAYA SAMAWA DI DEPAN MATA

SANGGAR SENI GUNUNG GALESA

SIAP SUKSESKAN PBS TAHUN 2011


Pekan budaya samawa adalah ajang pelestarian kesenian dan kebudayaan Sumbawa. Kegiatan rutin ini setiap tahunnya dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh sanggar seni yang mewakili kecamatan masing-masing. Pekan budaya samawa (PBS) yang dikemas dalam sebuah kompetisi sangat menarik minat masyarakat yang cinta terhadap kesenian dan adat istiadat samawa. Dengan materi pagelaran yang berbeda-beda setiap tahunnya, PBS semakin menambah kreatifitas seniman-seniman Sumbawa dalam mengkreasikan kesenian dan adat istiadat dengan hal-hal baru, tetapi tidak menghilangkan esensi dan kearifan lokal dari adat istiadat tersebut.

PBS tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu. Materi yang dilombakan sebagian besar dirubah atau diganti dengan materi lomba yang baru. Diantara materi PBS yang diganti pada tahun ini dan merupakan materi baru adalah ratib redat dan ngumang. Untuk itu sanggar seni Gunung Galesa Kecamatan Moyo Hilir sejak dini mulai berlatih dan mempersiapkan diri untuk menyukseskan PBS tahun ini. Seperti yang disampaikan oleh pelatih tari (Burhanuddin, S.Pd) bahwa pada PBS tahun ini prestasi kita harus lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu Kecamatan Moyo Hilir tidak bisa menjadi juara umum. Namun tahun ini Kecamatan Moyo Hilir harus menjadi juara umum bukan di satu mata lomba saja tetapi di seluruh mata lomba.

Pernyataan ini juga senada dengan apa yang menjadi harapan dari seluruh personel dan penata music tari dan ngumang. Menurut (Sabit Zam Zami) pria yang pernah meraih predikat pemuda pelopor bidang budaya Kab. Sumbawa tahun 2010 yang lalu, dari kesiapan dan kemampuan seluruh personel yang bergabung dalam tim kali ini, besar harapan Kecamatan Moyo Hilir akan menjadi juara umum.

PBS tahun 2011 akan dilaksanakan dari tanggal 11 s.d 15 oktober 2011. Bertempat di istana dalam loka Sumbawa besar. PBS tahun ini Diharapkan tetap menjadi ikon kebudayaan yang senantiasa menjadi cita rasa kekhasan budaya yang menyatukan perbedaan dalam keragaman adat istiadat masyarakat nusantara terlebih khusus masyarakat NTB.

Program visit Lombok Sumbawa juga telah memberikan banyak kontribusi terhadap perkembangan pariwisata (wisata budaya) di Sumbawa yang diharapkan mampu bersaing dengan daerah-daerah luar. Sehingga wisata budaya di Sumbawa tidak kalah menarik dari wisata budaya di daerah lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar