Minggu, 05 September 2010

DESAKU IDAMANKU

Di Desa Moyo Mekar Kecamatan Moyo Hilir telah terbentuk yang namanya DESA SIAGA sejak tanggal 7 Desember 2009. Desa Siaga merupakan singkatan dari Desa Siap Antar Jaga yang akan membuat masyarakatnya menjadi mandiri dalam menangani suatu permasalahan kesehatan baik dari segi pendananaan ataupun pengobatannya. Kini masyarakat sangat terbantu dengan adanya program pemerintah itu yang direalisasikan oleh Desa Moyo Mekar sejak + 9 bulan yang lalu. Menurut bapak Irwansyahruddin selaku Kepala Desa mengatakan “ berdasarkan hasil Musyawarah Dusun telah disepakati :
a. Hasil
-Uang iuran Rp. 3.000,- / KK / bulan
-Sasaran penggunaan uang :
@Persalinan
@Kegawat Daruratan
@Opname
-Penarikan iuran paling lambat sudah terkumpul tanggal 10 bulan bersangkutan
-Besarnya sumbangan yang diberikan kepada pihak korban sebesar Rp. 300.000,- / Kasus
- Yang tidak mengumpulkan iuran, tidak diberikan dana bantuan
b. Mekanisme Kerja
- Keluarga korban melaporkan ke koordinator dan bias juga keluarga korban langsung ke pemilik kendaraa dan alat komunikasi
c. Biaya Transportasi
- Untuk roda dua ke puskesmas Rp. 2000,-
- Untuk roda dua ke RSU Rp. 15.000,-
- Untuk kendaraan roda empat ke RSU Rp. 60.000,-
d. Untuk alat komunikasi semua warga, siap digunakan dan biaya di tanggung oleh pemilik alat komunikasi

Dengan adanya bimbingan dari petugas Puskesmas Moyo Hilir program ini berjalan lancar. Ungkap salah satu warga Desa Moyo Mekar, Bapak A. KADIR “ Sukur Alhamdullah, dengan mahalnya biaya pengobatan kami dari masyarakat kurang mampu sangat terbantu dengan adanya program ini karena dapat mengurangi beban dan pemikiran saya terhadap biaya pengobatan kelurga saya.”

Ungkap KADES lagi “ semoga dengan suksesnya program ini sangatlah mudah akan mencapai tujuan Desa Siaga yang sesungguhnya yaitu terciptanya Desa Sehat, Sumbawa Sehat dan Indonesia Sehat 2010.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar