Rabu, 04 Desember 2013

HUJAN TURUN, MUSIM TANAM TELAH DIMULAI

MUSIM TANAM, PETANI MEMPERKIRAKAN AWAL MASUK MUSIM PENGHUJAN

Musim hujan telah tiba, para petani sudah mulai menggarap sawah untuk musim tanam pertama setelah musim kemarau berakhir pada tahun ini. Para petani di Desa Berare Kecamatan Moyo Hilir sudah mulai menanam padi yang sebelumnya benih diairi dengan air kali menggunakan mesin penyedot air, para petani di kampung ini slalu menggunakan insting memperkirakan awal musim penghujan yang sebelumnya mereka sudah menyiapkan benih untuk ditanam.

hal ini diungkapkan oleh salah satu petani dari Desa Berare yaitu bapak sanjaya (38) yang mengaku selalu memperkirakan musim penghujan tiba. " pada setiap musim tanam saya dan petani-petani yang lain selalu memperkirakan awal musim penghujan tiba dan setelah musim penghujan tiba kami langsung memindahkan benih padi ke petak-petak yang lebih besar".

kehebatan para petani-petani kita dalam memperkirakan awal musim hujan tiba sudah sangat nyata. Namun banyak juga petani-petani yang tidak mau mengambil resiko memulai musim tanam dengan memperkirakan awal musim hujan tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar