Rabu, 20 Januari 2010

TANPA BUMI ANDA BISA APA ?


“PRAMUKA BERSAMA HIJAU DAUN”

Sekedar mengingatkan kita semua, tentang kerusakan alam dan segala gejala yang timbul akibat ulah kita, sekiranya kita merenungi sebuah kalimat sederhana yang mungkin sudah sering kita dengar :
“ JIKA AIR TERAKHIR TELAH HABIS, JIKA IKAN TERAKHIR TELAH MATI, JIKA POHON TERAKHIR TELAH DITEBANG, JIKA SUNGAI TERAKHIR TELAH KERING, BARULAH MANUSIA MENYADARI BAHWA
MANUSIA TIDAK BISA MAKAN UANG”

Issu “GLOBAL WARMING” telah menggemparkan seluruh dunia. Seluruh lapisan masyarakat dunia merasa diri bertanggungjawab terhadap kerusakan yang telah disebabkan tangan-tangan jahil tidak bertanggungjawab. Berbagai cara sedang diupayakan, baik dalam skala global maupun local.
Berawal dari kesadaran sebagai bagian dari masyarakat yang terkena dampak dari kemelut ini, tangan-tangan kecil dan kreatif dari Rakyat Muda Yang Suka Berkarya “Praja Muda Karana (PRAMUKA)” Dewan Kerja Ranting Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa tidak tinggal diam dengan kondisi ini. Kesadaran akan campur tangan Tuhan yang tidak akan mengubah keadaan umat tanpa diawali oleh diri sendiri, mendorong mereka untuk lebih banyak berbuat daripada berbicara.

Dengan keinginan untuk mengendalikan lingkungan, sebelum lingkungan lebih jauh mengendalikan kita, Praja Muda Karana Dewan Kerja Ranting (DKR) Moyo Hilir Kabupaten Sumbawa mengadakan Perkemahan Pekan Penghijauan se-Kecamatan Moyo Hilir yang dilaksanakan dari tanggal 3 sampai dengan 6 Januari 2010. Penanaman pohon disepanjang bantaran sungai Moyo yang mulai tergerus air banjir setiap kali musim hujan, mendapat sambutan dan dukungan baik dari masyarakat setempat. Dari hasil pembibitan mereka sejak 6 bulan yang lalu, diharapkan pohon-pohon tersebut dapat tumbuh dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar